LBH Malang Bertekad Kawal Masyarakat dengan Menggandeng Media

LBH Malang Bertekad Kawal Masyarakat dengan Menggandeng Media

Caption:
Awak media melakukan sesi foto usai buka puasa bersama. ( Foto: Doi Nuri – aremamedia)

BATU – Memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, adalah komitmen inti dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Malang. Mengawal permasalahan hukum secara independen dan jujur, khususnya bagi masyarakat yang “teraniaya”, membuat LBH Malang bergerak menggandeng insan media.

Dalam tajuk buka bersama, terlihat puluhan jurnalis datang berdasarkan LBH Malang untuk menyamakan persepsi tentang perjuangan mereka. Sinergitas dengan media dianggap sangat penting, karena kemitraan yang sudah terjalin dengan baik saat ini bisa lebih ditingkatkan.

“Mendatang, akan terus kami koordinasikan informasi kegiatan maupun program LBH Malang kepada kawan-kawan media yang bermitra bersama kami,” kata Edwin Setyo Atwiranto, S.H, Kepala Pos Batu LBH Malang.

Selain program kegiatan LBH Malang, lanjut dia, awak media mendapatkan penjelasan rinci tentang tujuan kemitraan ini. “Bukan bermaksud menghegemoni media, atau memanfaatkan media secara subjektif. Sebab gerakan kami ini sosial, maka kami butuh dukungan dan peran penting jurnalis dalam perjuangan kami,” tegas Edwin.

Hak senada disampaikan pula oleh ketua LBH Malang Andi Rachmanto, S.H. “Terima kasih saya sampaikan, kemarin rekan-rekan media membantu kami menyelesaikan permasalahan rentenir yang meresahkan masyarakat. Mendatang kami sangat membutuhkan keberlanjutan dukungan media, sebab masih banyak persoalan yang harus kami perjuangkan,” ungkap alumnus Fakultas Hukum Universitas Islam Malang itu.

Lebih lanjut, Andi menegaskan jika keberadaan LBH ini adalah sebuah gerakan sosial, maka dirinya menampil jika nantinya muncul anggapan jika komunikasi yang dijalin ini adalah sebuah konspirasi yang berujung kepada uang. “Sekadar diketahui, LBH Malang tidak memiliki sumber dana tetap, jadi tidak ada maksud lain kecuali memperjuangkan hak masyarakat. Karena itu tidak ada ikatan kepada para jurnalis rekanan kita untuk selalu mengikuti kasus kita. Silakan ambil yang memang menjadi hak masyarakat,” tandas dia. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad