Lapas Terbuka Ngajum Mulai Digarap

Lapas Terbuka Ngajum Mulai Digarap

Kalapas Kelas 1 Malang, Agung Krisna

AREMAMEDIA.COM- Lapas Terbuka di Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang mulai digarap.Lahan seluas 20 hektare ini dikerjakan sendiri oleh warga binaan Lapas Kelas 1 Malang.

“Tidak ada proyek, semua dikerjakan sendiri. Tentu saja harus melewati seleksi,” ujar Kalapas Kelas 1 Malang, Agung Krisna seusai menandatangi MoU dengan Universitas Negeri Malang (UM), Rabu (22/1/2020).

Dikatakan, saat ini sedang proses seleksi administrasi bagi Napi yang bakal ditempatkan di lapas terbuka Ngajum. “Seleksinya cukup ketat dan diperuntukkan bagi napi yang kurang dua atau satu tahun menjani hukuman,” terangnya.

Selain seleksi administrasi seperti kelengkapan berkas vonis, warga binaan ini juga harus mengikuti tahapan pembinaan dan tidak melakukan pelanggaran. Penyeleksinya pun adalah asesor.

Warga binaan yang akan dipindah dipastikan kesiapan mentalnya dan sudah mengikuti pelatihan. Jika sudah memiliki keterampilan, mental baik maka bisa dikenalkan ke masyarakat.

Seperti juga namanya Lapas Terbuka, Lapas didesa Maguan ini tidak akan dibatasi tembok tinggi dan jeruji besi serta satuan petugas.

“Layaknya masyarakat disebuah desa lainnya, dilapas terbuka ini bakal muncul industri baru sesuai dengan ketrampilan masing masing warganya misalnya ada pertanian maupun peternakan. Selain untuk memenuhi kebutuhan lapas juga untuk masyarakat,” paparnya.

Tahap pertama sekitar 50 sampai 100 warga binaan akan dipindahkan sekaligus menggarap lahan di Desa Maguan Kecamatan Ngajum ini. Misalnya membuat gapura atau saung.

Diharapkn, lapas terbuka Ngajum bakal menjadi destinasi wisata baru. Lokasinya cukup bagus antara wisata air terjun dan wisata religi Gunung Kawi. (sap)