KPP Malang Utara Optimistis Target Hampir Rp1 Triliun Terpenuhi

KPP Malang Utara Optimistis Target Hampir Rp1 Triliun Terpenuhi

Laporan SPT KPP Malang Utara dipusatkan di Lantai 3

MALANG – Target penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara memang hampir Rp 1 triliun atau tepatnya Rp827,6 miliar. Dibanding pada 2018, target ini mengalami kenaikan Rp218 miliar.

Kepala KPP Malang Utara, Heru Pamungkas Wibowo optimistis target tersebut terpenuhi. “Sampai tanggal 27 Februari mencapai 9,45 persen atau sekitar Rp78 miliar,” ujarnya saat Visitasi dan Diskusi PWI Malang Raya ke Kantor Pelayanan Pajak Malang Utara, Rabu (27/2/2019).

Secara rinci Heru menjelaskan, pada 2017 target KPP Pratama Malang Utara Rp509, 6 miliar, sementara yang diterima mencapai Rp 529 miliar atau melampaui target 103 persen.

Memasuki 2018 hanya mencapai 83 persen atau Rp609 miliar dari target Rp733 miliar. “Hal ini karena target antara tahun 2017 ke tahun berikutnya terlalu tinggi atau sebesar Rp 224 miliar,” jelasnya.

Ditambahkan, dari sembilan jenis pajak antara lain PPh 21, 23, 25, 29, penyumbang terbesar perolehan pajak dari Pajak Penambahan Nilai (PPn).

Tentang wajib pajak (WP), Heru menyebut bertambah setiap tahun dengan jumlah 8.000 sampai 10.000 WP.

Permasalahannya, sambungnya, potensi WP di wilayahnya yang meliputi 23 Kelurahan se Kecamatan Blimbing dan Lowokwaru cenderung stagnan.

“Mayoritas WP pemerintah.¬† Dengan adanya empat perguruan tinggi negeri perolehan pajaknya sangat terbantu karena banyak mahasiswa baru sehingga menjadi WP baru,” terang Heru yang asli Arema ini.

Keempat PTN tersebut antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim dan Politeknik Negeri Malang.

Di antara jumlah WP 91.243 WP, yang aktif sekitar 42.818 WP. Mereka ini terbagi dalam tiga katagori WP, Badan Usaha, Non karyawan atau pengusaha dan pegawai.

Dalam kesempatan itu Heru juga menjelaskan berbagai inovasi yang telah dilakukan misalnya aplikasi E-TPT WP sehingga tidak perlu lagi antre saat membayar pajak.

Bahkan untuk memudahkan WP usia lanjut, difabel maupun ibu hamil, KPP Pratama Malang Utara menyediakan ruang khusus.

Sementara itu Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda mengakui saat ini banyak media yang hadir dan tumbuh. Untuk itu pemerintah tidak perlu kaku dengan media.

Selain melihat berbagai fasilitas  dan inovasi yang telah dilakukan KPP Pratama Malang Utara, rombongan PWI Malang Raya diajak melihat langsung proses pembayaran SPT yang pusatkan di lantai 3.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad