Ketua PWI Malang Raya: Kami Tidak Minta Sumbangan Bansos HPN

Ketua PWI Malang Raya: Kami Tidak Minta Sumbangan Bansos HPN
MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya saat ini tidak memiliki agenda bakti sosial (Baksos). Bahkan saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 beberapa waktu lalu, pengurus dan anggota PWI Malang Raya hanya melakukan khataman Al Quran dan santunan kepada anak-anak panti asuhan.

Hal ini ditegaskan Ketua PWI Malang Raya, Ir Cahyono menanggapi berbagai pengaduan yang dilontarkan kepala instansi pemerintah dan swasta. “Banyak (kepala instansi) mengadukan tentang kegiatan Baksos yang dilakukan organisasi mirip PWI. Mereka juga menunjukkan proposal minta sumbangan dari organisasi profesi yang mirip PWI. Ya saya jawab bahwa PWI Malang Raya tidak memiliki kegiatan Bansos untuk peringatan HPN,” tandasnya.

Cahyono merasa perlu memberi penjelasan masalah ini sebagai bentuk klarifikasi atas pengaduan beberapa instansi. “Wajar jika banyak yang mengadu, karena nama organisasi dan logo yang digunakan untuk minta bantuan mirip PWI. Bahkan ada oknum yang berani mengklaim sebagai anggota PWI Malang Raya,” jelasnya.

Lebih lanjut jurnalis Bhirawa ini mengatakan terdapat tujuh organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers. Ketujuh organisasi itu antara lain PWI, AJI, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

“Dewan Pers juga mengeluarkan regulasi dan klasifikasi, bahwa di Indonesia terdapat 1.536 perusahaan pers yang diakui,” imbuhnya.

Cahyono juga meminta kepada instansi pemerintah dan swasta agar segera mengonfirmasi jika ada oknum yang mengaku dari PWI Malang Raya meminta sumbangan untuk Baksos.

“Kalau ada oknum mengaku anggota PWI Malang Raya minta sumbangan Bansos, jangan diberi. Catat nama, foto kartu anggota dan oknumnya sekalian, kemudian konfirmasikan kepada kami. Insyaallah kami kenal pengurus dan anggota PWI Malang Raya,” kata Cahyono lagi.(*)

Pewarta: Noordin Djihad