Keren! Minuman Instan “DIA” Sudah Terapkan Sistem Penjaminan Mutu

Keren! Minuman Instan “DIA” Sudah Terapkan Sistem Penjaminan Mutu

Proses pembuatan minuman kesehatan dari bahan empon-empon. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

SIAPA yang tidak ingin hidup sehat. Semua orang pasti ingin selalu sehat sehingga bisa beraktivitas dengan baik.
Saat ini masyarakat semakin sadar bahwa kesehatan erat kaitannya dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Sejak zaman filsuf Yunani kuno, Socrates, orang sadar antara makanan dan kesehatan berkaitan erat. Bahkan pameonya yang terkenal yaitu Let Foods be Thy Medicine and Medicine be Thy Foods yang artinya jadikan makanan sebagai obat dan obat dari makanan.

Berbagai produk pangan olahan yang menyehatkan mulai banyak diproduksi di Indonesia. Salah satu minuman kesehatan karena dipercaya mempunyai khasiat adalah minuman empon-empon instan seperti jahe instan, temulawak instan, kunyit putih instan, dan lainnya. Khasiat kesehatan tersebut berasal dari empon-empon sebagai bahan baku utama.

Hal ini mendorong Marwiyah atau lebih dikenal dengan sebutan Wiwik selaku pemilik usaha kecil menengah (UKM) “DIA” yang memproduksi berbagai olahan minuman instan.

Kemasan minuman instan DIA. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

Produk minuman instan “DIA” merupakan produk menyehatkan sehingga Wiwik sadar bahwa proses produksinya harus benar dan hygienis. Dibantu Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang diketuai Prof. Dr. Teti Estiasih, STP, MP dari Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya telah menerapkan sistem penjaminan mutu dan sudah tersertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point).

HACCP penting untuk menjamin bahwa produksi minuman instan akan menghasilkan produk yang aman dikonsumsi dan bermutu baik. Dalam HACCP semua proses produksi dikendalikan sehingga tidak membahayakan kesehatan seperti ada potongan kaca, serangga, rambut dan lainnya. Untuk menjamin kehalalan produknya, Tim PPPUD juga membantu Wiwik memperoleh sertifikasi halal.

Produk minuman instan “DIA” juga mempunyai label yang keren karena sudah diuji nutrisinya. Berkat hibah peralatan kegiatan PPPUD ini produksi minuman instan Wiwik saat ini mencapai 4 ton per bulan dari asalnya hanya 1,5 ton/bulan. Hal itu tentu saja mampu meningkatkan perekonomian penduduk sekitarnya dengan memberdayakan Ibu-ibu rumah tangga untuk ikut berproduksi dengan fasilitas dan kontrol yang ketat dari Tim PPPUD sehingga kualitas produknya sama. (*)

Penulis : Noordin Djihad
Sumber : Advertorial