Keren, Dua Siswa Kota Malang Juara IIEYI 2018 di New Delhi, India

Keren, Dua Siswa Kota Malang Juara IIEYI 2018 di New Delhi, India

Salah seorang juri sedang mencoba duduk di depan meja karya arek Malang. (Foto: istimewa).

MALANG – Bagi Ikhlas Muhammad Sabily dan Reyhan, prestasinya kali ini benar benar diluar dugaan. Betapa tidak, dibanding karya peserta lainnya, karya dua siswa yang waktu itu tercatat sebagai siswa SMPN 1 Malang ini begitu sederhana.

“Namun manfaatnya cukup besar terutama untuk kesehatan,” ujar Ikhlas yang kini pelajar SMAN 8, dan Reyhan siswa SMK 8 Malang, saat ditemui Senin (5/11/2018).

Karya kedua pelajar ini berupa meja belajar. Tidak sekadar meja belajar, namun didesain untuk mencegah kebungkukan dan rabun jauh. Meja ini dikirim ke International Exhibition for Young inventors (IEYI) 2018, New Delhi, India setelah menyisihkan 794 makalah seluruh Indonesia.

Setelah mengerucut menjadi 40 makalah akhirnya dipilih tiga makalah untuk dikirim ke tingkat internasional.

“Tanggal 16 Oktober lalu, kami, tiga tim dari Indonesia yakni, kami dari Tim Malang, Tim Bandung dan Tim Cimahi bertolak ke India,” tambah Ikhlas yang mengaku sempat grogi dengan karya Tim Thaiwan karena dianggap lawan terberatnya.

Begitu dinyatakan sebagai juara pertama dan menerima gold medaly, baik Ikhlas maupun Reyhan tentu saja senang bukan main karena tidak pernah menyangkanya.

Idenya memang sangat sederhana. “Teman teman banyak mengeluh, pinggangnya sering sakit dan matanya menjadi minus. Akhirnya kami mencoba membuat meja yang nyaman dan aman untuk belajar yang dapat digunakan untuk sekolah dan kuliah,” jelasnya.

Kini, Ikhlas dan Reyhan tengah mengurus lembar originalitas
untuk perlindungan hak kekayaan intelektual. Upaya mereka dibantu pembinanya dari Universitas Brawijaya untuk segera dipatenkan dan diproduksi.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad