Kembali Makan Korban, Dishub Turun Gunung Lakukan Antisipasi Jalur Klemuk

Kembali Makan Korban, Dishub Turun Gunung Lakukan Antisipasi Jalur Klemuk

Dishub Kota Batu bersiap memasang portal di jalur Klemuk. (Foto: Doi Nuri)

BATU – Tingginya angka kecelakaan di jalur alternatif Klemuk yang menghubungan Pujon-Batu, memunculkan reaksi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu. Demi meminimalisasi kecelakaan di jalur maut tersebut, beberapa langkah preventif dipersiapkan hari ini, Jumat (6/9/2019).

Langkah pendirian portal setinggi dua meter, menjadi pilihan awal Dishub yang melibatkan masyarakat Kelurahan Songgokerto dalam pengerjaanya. Pemasangan portal di dua titik sepanjang jalur berbahaya tersebut.

“Posisinya nanti ada di bagian atas, tepatnya berada di Pujon View dan bagian bawah di jalan perkampungan penduduk. Pemasangan hingga penentuan titik portal ini kami lakukan bersama warga,” kata Kepala Dishub Kota Batu, Herawan Susetya.

Meski langkah pemasangan portal yang dianggap mampu menjadi solusi sementara, nantinya portal yang dipasang juga tidak permanen sehingga saat Jalan Raya Payung terjadi bencana atau tak bisa diakses oleh kendaraan, pengendara masih bisa melalui jalur payung.

“Dalam beberapa bulan ini sudah ada beberapa kejadian laka lantas, bahkan satu korban meninggal. Artinya upaya kami ini untuk meminimalisasi bahkan jika bisa mencegah terjadinya kecelakaan,” imbuhnya.

Pihaknya juga memastikan, beberapa kendaraan seperti mobil box, elf, dan truck tak bisa melewati jalur tersebut. Menurut Herawan, dengan kondisi tikungan curam dan menanjak, riskan jika dilewati oleh kendaraan besar terlebih bermuatan berat.

“Langkah yang kami lakukan ini sudah melalui hasil musyawarah dengan pihak kepolisian juga masyarakat setempat. Semoga langkah pencegahan ini efektif, tentunya kami tetap akan terima aspirasi masyarakat dan berbagai pihak, jika nantinya ada hal yang perlu di evaluasi,” tandasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad