Kefir, Produk Fermentasi Susu dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Kefir, Produk Fermentasi Susu dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Firman Jaya SPt MT selain memproduksi susu kefir juga membuat cream anti aging

MALANG – Kefir, produk minuman fermentasi susun memang belum populer di tengah masyarakat Indonesia. Meski demikian, sebagian masyarakat mengenalnya sebagai minuman yang memiliki segudang khasiat.

Susu kefir merupakan susu fermentasi yang sudah dikenal dan dikembangkan serta diproduksi ribuat tahun lalu oleh masyarakat di bagian Utara Pegunungan Kaukasus.

Sekarang, penyebaran minuman kefir ini sudah bisa didapatkan di Indonesia.

Walau belum familiar layaknya yoghurt yang sudah banyak dikenal masyarakat, kefir memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan yoghurt.

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Firman Jaya, S.Pt., MP, aktif melakukan penelitian di bidang kefir dan memperkenalkan kefir ke masyarakat luas.

Menurut dosen yang tergabung dengan Pusat Studi Pengembangan Pangan Lokal LPPM Universitas Brawijaya ini, kefir memiliki khasiat dan manfaat yang cukup besar.

Minuman susu kefir ini l, katanya, dapat mencegah segala macam alergi dan lactose intolerance. Selain itu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, tumor, hepatitis, gatal-gatal pada kulit serta infeksi jamur.

“Bahkan kefir dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan penyakit TBC, sinusitis, asma, dan radang usus. Tidak hanya itu. Penyakit diare, sembelit, bronchitis, kolesterol, tekanan darah rendah maupun tinggi, dan diabetes dapat sembuh dengan konsumsi kefir,” terangnya.

Kefir menurutnya, juga dapat meningkatkan fungsi kerja lambung dan fungsi pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Melihat potensi kefir yang sangat besar, Firman Jaya S.Pt MP berusaha memperkenalkan kefir ke masyarakat melalui brand Natural Probiotic.

“Kefir yang kami buat tidak hanya dari susu sapi namun juga ada varian dari susu kambing,” jelasnya.

Rasa yang ditawarkan juga beraneka ragam seperti original, anggur, blueberry, durian, leci, mangga, melon, moka, cokelat, sirsak, jeruk, vanilla, nanas, cocopandan dan strawberry.

Bahkan Firman juga mengemasnya dalam berbagai ukuran. Tidak hanya dalam bentuk minuman, kefir Natural probiotic juga memproduksi masker kefir, face toner kefir yang banyak diminati kaum hawa.

Masker dan face toner kefir ini dipercaya dapat menutrisi kulit dan sebagai anti aging terbaik karena bahan dan prosesnya alami.

Sampai saat ini Firman Jaya S.Pt., MP masih melakukan penelitian dan terus berinovasi dengan kefir.(*)

Pewarta: SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad