Kebutuhan Naik 12 Persen, BBM Aman Sampai Idul Fitri 2019

Kebutuhan Naik 12 Persen,  BBM Aman Sampai Idul Fitri 2019

Aktivitas di SPBU 54.651.52 Beji Kota Batu masih berjalan normal. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

SURABAYA – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V membentuk tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019. Tim yang bertugas sejak H-15 Ramadan hingga H+15 Idulfitri ini merupakan strategi Pertamina guna memenuhi kebutuhan BBM dan LPG.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, mengatakan, tim Satgas ini akan berperan khusus dalam memantau dan mengordinasikan penyaluran BBM dan LPG. “Mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan. Semua itu agar ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat dapat terus terpenuhi,” katanya.

Selama masa Satgas RAFI 2019, lanjutnya, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi di Jatim sebesar 12 persen untuk produk Gasoline, sementara produk Gasoil mengalami penurunan konsumsi sekitar 8 persen.

“Peningkatan konsumsi Gasoline tertinggi diperkirakan mencapai 41 persen saat puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 dan Jumat, 31 Mei 2019,” katanya seperti dalam rilis yang diterima aremamedia.com

Puncak arus balik masih kata Rustam, diperkirakan terjadi pada hari Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Juni 2019 dan puncak berikutnya di 15-16 Juni 2019. “Untuk penyaluran gasoil diperkirakan akan mengalami penurunan terbesar pada H-7 hingga H+7 masa lebaran seiring larangan beroperasi kendaraan berat,” pungkasnya.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji. ( Foto: istimewa-aremamedia.com)

Pertamina juga akan menyiapkan 8 (delapan) SPBU dan SPBU Modular di jalur tol sepanjang Surabaya – Ngawi. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 8 (delapan) SPBU.

Sedangkan untuk distribusi LPG, pada kondisi normal rata-rata konsumsi untuk LPG di Jatim yaitu sebesar 5.070 Metric Ton (MT) per hari. Sementara itu Pertamina memprediksi konsumsi LPG akan mengalami kenaikan pada Bulan Ramadan 2019 dengan estimasi angka mencapai 5.520 MT per hari atau naik sebesar 9 persen dari konsumsi normal .

Selain mengoptimalkan stok di enam Depot dan Kilang LPG, serta seluruh SPPBE yang ada di Jatim, Pertamina juga berkoordinasi dengan lembaga penyalur LPG, untuk mengaktifkan Agen dan Pangkalan Siaga, yang tetap buka melayani di hari libur.

Masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk Pertamina melalui Contact Pertamina 1500-000. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad