Kebocoran Soal Matematika UNBK SMA, Begini Reaksi Mendikbud

Kebocoran Soal Matematika UNBK SMA, Begini Reaksi Mendikbud

Mendikbud, Muhadjir Efendy berfoto bersama guru-guru setelah melakukan monitor UNBK, Jumat (5/4/2019). (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Bocornya soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) ditanggapi serius Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Muhadjir Efendy. Menurutnya, ujian nasional bukan dasar kelulusan. Pelaksanaannya merupakan student record. Pun fungsi dasarnya untuk dunia kerja maupun perguruan tinggi, karena industri dan PTN (Perguruan Tinggi) masih menggunakan metode ujian.

Pernyataan Muhadjir tersebut disampaikan saat Muhadjir melakukan monitor UNBK di SMPN 20, Jumat (5/4/2019). “”Ujian nasional diutamakan pada motivasi intrinsik dan ekstrinsiknya. Jadi anak dirangsang bukan supaya bisa apa, tetapi dari kesadaran anak. Karena itu dia belajar kemampuan itu penting,” ujarnya.

Di media sosial tersebar foto-foto soal ujian mata pelajaran matematika tingkat SMA/K. Setidaknya terdapat 19 grup obrolan Line Square yang tersedia. Masing-masing diberi nama mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Grup ”Mapel UNBK SMA/K” memiliki anggota terbanyak, yakni 2.005 orang. Tindakan membocorkan soal tersebut dilakukan oknum siswa yang ikut ujian sesi satu dan dua. Jawaban atas soal itu lantas diunggah di grup. Tentu saja menguntungkan siswa yang mengikuti ujian di sesi dua dan tiga.

Ditambahkan Muhadjir, motivasi intrinsik digunakan supaya anak tidak melakukan cara-cara tidak baik untuk mendapatkan skor yang baik. Terlebih tujuan hakikat pendidikan adalah menghidupkan dan menumbuhkan motivasi intrinsik. “Saya justru tidak menginginkan siswa justru melakukan segala cara, apalagi sampai membuat siswa stres dan terganggu psikologisnya,” terangnya.

Untuk SD dan SMP, lanjut mantan Rektor UMM ini, UNBK tetap menjadi rekaman prestasi akademik anak karena nanti memakai e-rapor. “Ada dua jenis rapor, akademik dan perkembangan kepribadian termasuk minat dan bakat. Rekaman akademik termasuk di dalamnya keikutsertaan mengikuti ujian nasional. Rapor ini akan disimpan di Dapodik,” tandasnya.

Kembali tentang bocornya UNBK yang tergolong sebagai pelanggaran, Muhadjir berjanji tidak akan membiarkan tanpa tindakan, “Tetap ada tindakan tegas. Masalah sanksi, masih akan digodog,” tukasnya. (*)

Pewarta : Doi Nuri
Editor : Noordin Djihad