Kado Terindah Menyambut Hari Anak International, Ajak ke Tujuh Wisata Edukasi di Malang

Kado Terindah Menyambut Hari Anak International, Ajak ke Tujuh Wisata Edukasi di Malang

Sumber foto: dictio.id

MALANG – Sebentar lagi tepatnya pada 20 November, kita merayakan Hari Anak International. Sudah siapkah Anda memberi kado kepada anak-anak kita? Tak harus berupa benda karena anak akan bosan dengan benda yang itu-itu saja.

Kenapa tidak kita ajak saja anak-anak berlibur ke daerah wisata yang memiliki nilai edukasi? Berikut tujuh tempat wisata di Malang Raya yang memiliki nilai edukasi, seperti yang dikutip www.idntimes.com/travel/destination/bintang-amerilia.

1. Milkindo Green Farm Kepanjen

Sumber foto: deskgram.com

Milkindo Green Farm adalah tempat wisata sekaligus edukasi proses pembuatan susu yang saat ini dikembangkan menjadi wisata edukasi sapi perah. Produk yang dihasilkan Milkindo Green Fram tidak hanya susu segar, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya, tetapi juga menghasilkan produk pupuk kering. Pupuk ini langsung dijual ke konsumen maupun dipasarkan oleh pedagang di Pasar Splindid Kota Malang.

Milkindo Green Farm berlokasi di Jalan Kol. Kusno No. 77, Tegalsari, Kepanjen, Tegalsari, Malang. Fasiltas yang ditawarkan Milkindo Green Farm cukup banyak dan mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa lho..

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata Milkindo Green Farm adalah Play ground, Taman Kelinci, dan berbagai spot foto yang instagramable.

2. Kampung Wisata Keramik Dinoyo

sumber foto: malangvoice.com

Ingin tau bagaimana cara pembuatan keramik sekaligus mencoba membuatnya? Kita bisa mengajak anak-anak datang ke kampung wisata keramik Dinoyo, tepatnya di Jalan MT Haryono XI, Malang. Sesuai namanya, wisata kampung keramik Dinoyo adalah sebuah kampung yang rata-rata penduduknya bermatapencaharian sebagai perajin dan penjual keramik.

Tak heran, jika sepanjang jalan di kampung ini, terdapat sederetan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu yang memberikan sensasi keindahan tersendiri. Terlebih, saat masuk ke dalam toko, berbagai jenis keramik telah menanti. Harga yang dibanderol untuk setiap item terbilang cukup ramah di kantong para pembeli.

Berbagai jenis keramik yang dijajakan meliputi mug, vas, cangkir mini, teko lucu, serta berbagai jenis hiasan dan souvenir. Beberapa toko yang memproduksi keramiknya sendiri, akan memberikan kesempatan untuk merasakan sensasi membuat keramik. Biasanya, pengunjung diperkenankan untuk membuat keramik dengan menggunakan bahan keramik mentah glasir. Pasti seru nih membuat keramik sendiri!

3. Padepokan Asromobangun

Sumber foto: dictio.id

Padepokan Asmoro Bangun adalah satu-satunya padepokan topeng Malangan yang saat ini masih sangat giat untuk mempertahankan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan asli Malang. Padepokan Asmoro Bangun ini berada di Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Di tempat wisata Padepokan Asmoro Bangun pengunjung dapat menonton tarian hingga belajar membuat topeng.

4. Peternakan Tawon Rimba Raya

sumber foto: wismalang.blogspot.com

Peternakan Tawon Rimba Raya terletak di Jl. DR. Wahidin No.8 Polaman, Bedali, Lawang, Malang. Tempat wisata edukasi Tawon Rimba Raya menawarkan berbagai kegiatan seperti memanen tawon langsung dari sarangnya, sekaligus edukasi bagaimana madu diproses dengan baik dan benar. Fasilitas yang terdapat di Perternakan Tawon Rimba Raya yaitu outbond, gazebo, tempat bermain, cafetaria, dan areal parkir yang luas. Pengunjung juga bisa membeli madu dalam botol ataupun madu yang masih dalam sarang lebah. Bahkan kita bisa langsung memakannya. Keren kan?

5. Eco Green Park

sumber foto: jejakbocah.com

Tempat wisata Eco Green Park yang terletak di Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Malang merupakan salah satu taman ekosistem terbesar di Indonesia. Terdapat tujuh zona wisata yang sekaligus dapat menambah wawasan para pengunjungnya yaitu :

  • Zona World Parrot, akan mengenalkan kita dengan berbagai jenis burung cerdas yang bisa berbicara dan berkicau. Di World Parrot kita bisa mengenal berbagai species burung beo yang tersebar di seluruh dunia. Terdapat lebih dari 50 species burung beo yang tersebar di wilayah Asia dan Amerika ada di sini. Selain itu, kita juga bisa mengetahui seberapa cerdas burung beo melalui parrot show.
  • Zona Recycle (pengolahan sampah), di Zona ini kita bisa belajar cara mengolah sampah agar menjadi barang layak pakai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kreatifitas ada disini, kita akan mengetahui cara melestarikan lingkungan dan lebih mencintai lingkungan sekitar.
  • Zona Rumah terbalik, adalah atraksi yang paling unik. Kita bisa merasakan sensasi berjalan merangkak langit –langit rumah, merasakan bagaimana sensasi rumah terbalik 180˚. Kita bisa mengabadikan pengalaman unik ini dengan berfoto di rumah terbalik.
  • Eco Journey, adalah atraksi yang memberikan gambaran terjadinya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia. Kita juga akan belajar bagaimana cara merawat dan melestarikan lingkungan dengan baik.
  • Exotic white peacock, . Kalau biasanya kita mengenal merak dengan warna beragam indah, kali ini kita akan melihat species merak berwarna putih. Merak putih telah Terdaftar di Least Concern Oleh International Union For Conservation Nature(IUCN). Di wahana ini kita bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan merak putih. kita juga bisa berkesempatan mengenal lebih dalam tentang kehidupan merak putih. Pokoknya amazinglah!
  • Sirkus burung kakaktua. Jika biasanya sirkus diperankan oleh manusia dan binatang seperti anjing dan moyet, kali ini kita mendapat suguhan burung bermain sirkus layaknya manusia. Kita bisa menyaksikan langsung burung yang berakting seperti seorang raja. Kita tidak hanya sebagai penonton pasif, tapi bisa juga berperan sebagai partisipan untuk dapat berpartisipasi dalam sirkus burung kakaktua ini. Atraksi ini dibuka pukul 12.30 – 15.30 setiap hari. (bapak/ibu bisa cek di pengumuman yang ada di Taman ini).
  • Water outbond, tidak hanya wisata alam saja, kita juga bisa bermain air sambil outbond dengan susana sejuk nan rindang karena lokasinya yang di desain dikelilingi pepohonan. Kita bisa bermain air sambil menikmati sejuknya suasana pengunungan tanpa perlu kepanasan.

6. Museum Satwa Jatim Park II

Sumber foto: trivindo.com

Bangunan berwarna putih dengan pilar-pilar tinggi berwarna putih, persis seperti gedung-gedung Yunani klasik dan dua patung gajah besar yang menjaganya adalah Museum Satwa Yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jatim Park II. Di dalam bangunan museum satwa yang megah ini berisi fosil hewan-hewan yang sudah punah dan yang masih ada hingga saat ini. Saat pengunjung masuk kedalam gedung museum, pengunjung akan disambut oleh kerangka tulang belulang atau fosil dari beberapa macam Dinosaurus, seperti tyrannosaurus dan stegosaurus yang berdiri tegak di ruang utama.

7. The Bagong Adventure Human Body Museum

seumber foto: wisatakaka.com

The Bagong Adventure Human Body Museum adalah wisata edukasi mengenali bagian tubuh-tubuh manusia dengan cara yang menyenangkan. Dinamakan Museum Bagong karena terlihat dari depan patung kepala Bagong, salah satu tokoh pewayangan yang paling cerdik.

Di museum ini kita bisa mempelajari berbagai anatomi tubuh dan sistem kerjanya.The Bagong Adventure Human Body berhasil masuk dalam daftar museum pertama di Indonesia dan terbesar di kawasan Asia saat ini. Lokasinya terletak satu kawasan dengan Jawa Timur Park 1 yang beralamat di Jalan Kartika No 2 Kota Wisata Batu.

Pewarta : Noordin Djihad
Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/bintang-amerilia/8-wisata-edukasi-di-malang-yang-bikin-otak-semakin-cemerlang-c1c2-1/full