Journalist Camp Ajang Kaderisasi Pewarta Dari Lingkup Siswa

Journalist Camp Ajang Kaderisasi Pewarta Dari Lingkup Siswa

Guru dan siswa berbaur menerima materi jurnalistik saat Journalism Camp, Kamis (4/4/2019) pagi tadi. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Sejumlah 208 siswa dari 104 SMP se Kota Malang mendapat wawasan tentang digitalisasi dan website kreatif. Kegiatan yang dikemas dalam Journalist Camp ini berlangsung empat hari, mulai Kamis (4/4/2019) hingga Senin (8/4/2019) di Cafe Pan Java, Mulyoagung, Dau.

Dinas Pendidikan Kota Malang menggandeng sponsor untuk pembinaan OSIS, khususnya mencari kader jurnalis ini.

Materi digitalisasi dan jurnalis, website kreatif dan optimalisasi design, menjadi menu utama seluruh peserta yang juga diikuti oleh guru pendamping dari masing-masing sekolah itu.

Seperti materi pertama hari ini, paparan tentang seluk beluk digitalisasi disampaikan Branch Manager Air Asia Cabang Malang, Immanuel Ustradi Osijo.

Immanuel yang juga pemilik CV Kirana Anugerah Terindah itu memaparkan sederet perjalanan hidupnya.

“Saya dulu pernah menjadi supir bus di Malaysia sebelum sampai akhirnya seperti sekarang. Semua butuh perjalanan panjang dan tidak instan,” kisahnya.

Sebelum memulai materi dengan tema digitalisasi, Immanuel mengajak para peserta untuk terus semangat meraih angan dan mimpi. Terutama di era terbuka seperti sekarang yang memang sarat tantangan.

Journalist Camp terbilang menarik. Siswa diminta aktif memanfaatkan media sosial secara positif dengan membuat blog dan vlog.

Tak hanya itu, sebagai media penguat, salah satunya adalah melalui lomba pembuatan website dengan hadiah menarik dari Dinas Pendidikan Kota Malang dan pihak sponsor. (*)

Pewarta : Doi Nuri
Editor : Noordin Djihad