Jendela Budaya Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Jedong

Jendela Budaya Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Jedong

Sri Untari di tengah warga Jedong yang sedang menggelar Jendela Budaya. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

KAB MALANG – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Dra. Sri Untari Bisowarno MAP mengutarakan kegiatan Jendela Budaya Jurang Wugu, Desa Jedong Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, mampu menumbuhkan ekonomi

Menurut Sri Untari, warga Jedong memiliki potensi besar untuk menumbuhkan ekonomi desanya. Untuk itu pihaknya mendorong agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan.

Tidak kurang dari 100 stand dengan berbagai produk makanan olahan maupun pakaian ini mampu menyedot perhatian masyarakat Jedong dan warga desa sekitarnya.

Jendela budaya yang diwarnai dengan berbagai atraksi utamanya budaya daerah ini sebagai wadah melestarikan budaya masyarakat. “Selain itu mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” tegas Sri Untari.

Dikatakan, Pembangunan ekonomi Indonesia, seharusnya dimulai dari pedesaan. Tidak heran kalau kemudian Presiden Jokowi memberikan perhatian masyarakat pedesaan dengan memberikan stimulan anggaran besar. “Selama ini memang belum pernah dilakukan,” tuturnya.

Wanita yang juga tokoh koperasi ini, menambahkan, jika potensi desa terangkat maka akan tersedia lapangan kerja bagi generasi muda. “Kalau tersedia lapangan kerja di desa para pemuda tidak akan meninggalkan desanya,”imbuhnya.

Jendela Budaya ini, harus didorong untuk menjadi icon Jedong, sehingga muncul destinasi wisata baru. Seperti di Pujon Kidul dan Sanan Kerto dengan Bon Pringnya.

Pemprov Jawa Timur lanjutnya, saat ini sedang mengembangkan desa wisata. Tidak kurang dari 200 ikon desa wisata sedang dibangun. Desa Jedong merupakan bagian ikon wisata di Jawa Timur.

Untuk menjadi desa wisata diperlukan kreativitas, tidak harus memiliki SDA yang bagus “Kreativitas warga sangat menentukan. Dengan mengubahnya menjadi desa wisata akhirnya banyak wisatawan yang datang mengunjungi,” ujarnya.

Dengan begitu kunjungan ke Desa Jedong akan meningkatkan dan ekonomi masyarakatnya menjadi terangkat.

Sementar itu Tekat Wahyudi Kades Jedong, mengemukakan, pohaknya ingin melestarikan budaya desa dengan menggelar Jendela Budaya. “Selain itu melalui Jendela Budaya ini kita dapat membagi waktu, kapan waktu bekerja, belajar dan sosial,” ujarnya.

Dia menyatakan di masa yang akan datang kegiatan ini direncanakan lebih matang dan disiapkan secara optimal.(*)

Pewarta : Sapteng MN
Editor : Noordin Djihad