Jelajahi Keindahan Laut di Bangsring Underwater

Jelajahi Keindahan Laut di Bangsring Underwater

Wisata di Desa Brangsing termasuk destinasi yang bisa Anda kunjungi

BANYUWANGI- Usai silaturahmi dengan keluarga saat Idul Fitri mendatang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk menikmati eksostime bawah laut di Banyuwangi, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Di sana, kita bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Di tempat ini, tidak hanya memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Selat Bali yang terhampar bak sebuah lukisan Ilahi. Siapa menyangka pengelola obyek wisata ini adalah sekelompok nelayan tradisional Samudra Bhakti.
Mereka memberi nama obyek wisata ini dengan sebutan Bangsring Underwater (Bunder).

Perairan Bangsring yang dipenuhi ikan

        Beragam kegiatan wisata bisa dilakukan di kawasan ini, mulai dari snorkeling, berkunjung ke Pulau Tabuhan, Pulau Menjangan, Rumah Apung Bangsring, diving, jet ski, Banana Boat, bermain kano hingga paddling, jalan-jalan ke hutan mangrove, mengunjungi klinik hiu, Wisata Edukasi dan menengok fish apartemen.

Objek wisata satu ini bisa jadi sangat recommended, selain mudah dijangkau, wisata di tempat ini sangat murah ketimbang berwisata di obyek wisata lain dengan fasilitas yang sama.

“Mudah sekali mencapai tempat kita, bisa naik taksi dari Watu Dodol atau naik angkot hanya Rp 5000. Kalau bawa kendaraan pribadi hanya bayar parkir, sementara ini kita memang tidak menarik tiket masuk,” ujar pengelola obyek wisata Bangsri, Shandi Sumarsono

penyelam mendata implan terumbu karang (istimewa)

      Jika memilih naik kereta api, wisatawan bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru, kemudian naik angkutan kota dengan membayar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu pulang pergi.

      Obyek wisata ini terletak di pesisir pantai sebelah Utara Banyuwangi. Jarak dari pusat kota kurang lebih sekitar 15 km ke arah utara jurusan Situbondo. Tekstur jalan yang dilewati aspal halus dan lebar, dapat dilewati semua jenis kendaraan kecil hingga besar.

     Begitu kita masuk ke Pantai Bangsring, kita akan melihat hamparan pantai yang bersih nan indah. Dikanan kiri berjejer pondok-pondok yang terbuat dari kayu. Tidak perlu khawatir untuk duduk di pondok ini, karena kita tidak akan ditarik biaya sewa seperti di pantai lainnya.

Pesona pantai yang begitu indah akan memanjakan mata wisatawan sejenak. Tidak sedikit wisatawan yang tidak tahan melihat air laut hingga mereka pun menjeburkan diri ke Pantai Bangsri. Berenang di tempat ini pun relatif aman, karena gelombang laut begitu tenang.

    Selepas berenang, wisatawan bisa berjalan-jalan ke Taman Edukasi Bangsring. Di tempat ini, mereka bisa melihat pengolahan daur ulang sampah, hingga miniatur apartement ikan.

     “Kalau memang tidak berani snorkling, cukup datang ke Taman Edukasi ini, hingga bisa mengetahui gambaran apartemen ikan yang ada di Rumah Apung,” ujar Sandhi.

     Meski demikian, kata wartawan Radio Republik Indonesia (RRI) Banyuwangi ini, rugi jika tidak menyempatkan diri menyelam di Rumah Apung yang berada di bibir Pantai Bangsring tersebut.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman

Editor : Shuvia Rahma