Jas Hujan Ponco Bisa Buat Mika Lampu Meleleh, Ini Penjelasannya

Jas Hujan Ponco Bisa Buat Mika Lampu Meleleh, Ini Penjelasannya

Pengendara motor yang menggunakan jas hujan ponco (sumber foto : idnews.co.id)

MALANG – Bagi pengendara motor, jas hujan menjadi hal yang wajib dibawa di musim hujan. Terlebih terjadi cuaca anomali atau tidak bisa ditebak. Meski pagi hari cuaca terang benderang, siang atau sore bisa jadi terjadi hujan deras bercampur angin. Bisa dibayangkan jika jas hujan tertinggal saat pulang sekolah, kuliah, atau kerja, bisa-bisa berjam-jam menunggu hujan reda.

Namun siapa sangka jas hujan yang biasa kita pakai ternyata membahayakan. Jika tidak hati-hati, jas tersebut membelit rantai motor yang pada akhirnya bisa mencelakakan pengendara. Selain itu, seperti yang dilansir aripitstop.com, jas hujan jenis ponco ternyata juga bisa merusak mika lampu.

Kok bisa sih? Pada saat kita mengendarai motor dengan kondisi lampu depan menyala maka suhu di dalam ruangan headlamp menjadi sangat panas. Hal itu bisa kita deteksi dengan menyentuh mika lampunya yang terasa panas sekali. Kalau dalam kondisi panas kemudian jas hujan menutupi lampu utama maka pantulan cahaya dari lampu akan terbentur dengan jas hujan sehingga membuat suhu di ruangan headlamp menjadi meningkat. Hasilnya, mika lampu akan meleleh karena tidak kuat dengan suhu ruangan di headlamp.

Bukan hanya itu. Jika pada saat kita berhenti kemudian melepas jas hujan, jangan dibiasakan meletakkan jas hujan di batok motor yang hasilnya menutupi mika lampu. Penjelasannya begini, pada saat motor baru berhenti, kondisi mika lampu masih panas. Kalau tiba-tiba ditaruh beban jas hujan terlebih jas hujan yang masih basah kuyup akan mengakibatkan mika lampu tertekan sehingga akan meleleh juga. Sepertinya tidak masuk akal tapi faktanya banyak yang terjadi kejadian seperti ini. (*)

Pewarta: Noordin Djihad
Sumber : aripitstop.com