iOS 10.3 Terasa Lebih Kencang

iOS 10.3 Terasa Lebih Kencang

Ilustrasi tampilan iPhone dengan iOS 10.3 (Dini)

MALANG – Apple kembali melakukan pembaharuan operating system. Perusahaan berlogo apel krowak itu baru saja merilis iOS 10.3 yang bisa diunduh secara open the air atau melalui aplikasi iTunes. Sejumlah pembaharuan terlihat di versi ini.

Beberapa fitu ter-gres pada iOS yang memiliki besaran file instalasi antara 600 hingga 650 MB itu antara lain Find AirPods. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya mencari posisi earphone nirkabel khusus iPhone 7 dan 7 plus ini melalui aplikasi Find My iPhone.

Pengguna dapat membunyikan suara di AirPods untuk menemukan lokasinya. Selain itu, pengguna juga dapat melihat lokasi terakhir AirPods saat terkoneksi dengan iOS.

Fitur lain yang cukup menarik adalah interface penyimpanan iCloud yang lebih detil dan simple. Pembaharuan terkait penyimpanan yang juga cukup inovatif adalah Apple File System yang berfungsi memaksimalkan enkripsi di ruang memori internal.

“Fitur paling fungsional buat saya malah pembaharuan untuk map. Kita bisa lihat kondisi cuaca di suatu tempat dengan mengetuk ikon cuaca di pojok bawah layar,” jelas D Arining Tyas.

Perombakan yang banya tidak disadari ada pada animasi. Apple memangkas animasi sehingga kinerjanya terasa lebih cepat. Hal itu terungkap dari salah satu pegawai Apple, Renaud Lienhart yang berkicau melalui Twitter melalui pemangkasan animasi tersebut.

“iOS 10.3 terasa ‘kencang’ karena beberapa animasi sedikit di-tweak dan diperpendek, untuk lebih baik,” kicau pemilik akun @NotoriousBUGS ini.

Ilustrasi tampilan iPhone dengan iOS 10.3 (Dini)

Editor: Shuvia Rahma