Inilah Bentuk Peduli GenBI Malang terhadap Panti Asuhan

Inilah Bentuk Peduli GenBI Malang terhadap Panti Asuhan

Komunitas GenBI Malang memberi pelatihan kepada anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, saat peresmian Pojok Baca, Ahad (22/9/2019). (Foto: Luqman Hakim)

MALANG – Jika banyak yang peduli terhadap anak yatim dengan memberi materi atau uang, tidak demikian dengan GenBI Malang. Kepedulian mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Bank Indonesia ini patut diacungi jempol.

Mereka membuat Pojok Baca di panti asuhan Akhlaqul Karimah, di jalan Joyo Agung, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Bersama Asisten Manager Fungsi Koordinasi, dan komunikasi kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( KPw BI ) Malang, Ratu Balqis Humairoh, mereka melaunching Pojok Baca, Ahad (22/9/2019).

Balqis, mengatakan, kegiatan ini terealisasi berkat sinergitas yang baik antara panti asuhan, GenBI, dan KPw BI Malang.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian BI Malang mendukung dunia pendidikan melalui program sosial Bank Indonesia,” lanjut Balqis yang pengantin baru ini.

Balqis berharap Pojok Baca GenBI ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penghuni panti. “Bisa juga diisi dengan pelatihan dan edukasi mengenai kebanksentralan. Tentu saja supaya adik-adik di panti ini mampu mengembangkan kemampuan serta pengetahuan tentang tugas dan tujuan BI,” ujarnya.

Acara berlangsung semarak karena penghuni panti menampilkan berbagai hiburan seperti penampilan seni banjari, tari, dan musikalisasi puisi.

Saat itu juga diadakan pelatihan membuat kerajian tangan yang diajarkan langsung oleh GenBI. Pelatihan ini berupa membuat buket bunga. “Harapan kami pelatihan ini dapat membuat anak anak panti Akhlaqul Karimah lebih terampil serta mampu menumbuhkan jiwa berwirausaha,” terang Purnaning Dyah dari Unit FK3 KPw BI Malang.
.
Acara makin menarik ketika GenBI memberikan edukasi serta kuis kebanksentralan dan sosialisasi “5 Jangan” untuk merawat uang rupiah.

Pojok Baca ini diletakkan di sudut kanan dan kiri ruang tengah panti. Kebetulan di situ berisi berbagai macam buku, meja, almari, dan perabotan lain sehingga menunjang proses belajar anak anak panti.

Salah satu penghuni panti, Ida Fitriyah, mengaku sangat senang dengan Pojok Baca GenBI ini. “Saya juga ingin Pojok Baca GenBI dapat produktif dan menjadi tempat yang nyaman untuk belajar bagi anak-anak panti,” harap mahasiswa UIN Maliki ini.(*)

Penulis : Isna Nur Fitriyah (Anggota GenBI Malang)

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi