Ini Alasan Munculnya Surat Tata Tertib di Mulyorejo yang Viral

Ini Alasan Munculnya Surat Tata Tertib di Mulyorejo yang Viral

Foto surat tata tertib RW 02 Tebo Selatan, Kelurahan Mulyorejo yang mendadak viral di sosial media. (Ilustrasi: istimewa)

MALANG – Dunia Maya mendadak dihebohkan dengan foto surat tata tertib yang ramai diperbincangkan warganet, Kamis (11/7/2019). Dalam surat tersebut, tertulis tingginya angka denda pelanggaran dalam nominal rupiah, terutama pada poin kompensasi pendatang baru dan kasus perzinahan.

Berdalih pernah terjadi kasus perselingkuhan dan perzinahan di wilayahnya, menjadi alasan khusus menjadi alasan kuat disusun peraturan hingga ada sanksi denda jutaan rupiah tersebut, yang melatarbelakangi disusunnya tata tertib lingkungan kontroversial RW02 Tebo Selatan, Kelurahan Mulyorejo.

Ketua RW, Ashari, mengatakan, pihaknya hanya mengantisipasi peristiwa lalu. Kebetulan ada orang luar sini (warga pendatang) suami istri sah. Kemudian istrinya membawa pria lain, kencan di daerah ini. “Suaminya ngamuk (marah),” kata Ashari ditemui awak media di kediamannya.

Sementara itu, Lurah Mulyorejo Syahrial Hamid menuturkan bahwa surat tersebut dipastikan belum final dan masih akan direvisi. Pihaknya enggan menghakimi pihak pengurus RT atau RW setempat. Bisa jadi ini akibat kesalahpahaman. Karena orientasinya kemungkinan ingin ada kontribusi atau pemasukan untuk kas RW.

“Sebelum ini viral di medsos, sudah mau kita revisi. Jelasnya, saya juga belum tanda tangan di situ. Mohon maaf saya juga tidak bisa menyalahkan sepenuhnya para pengurus, karena mereka kan mungkin masih belum paham. Intinya itu belum final dan akan direvisi,” pungkasnya.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad