Ide Ekraf dan HAKI Bisa Jadi Jaminan Bank untuk Tambah Modal

Ide Ekraf dan HAKI Bisa Jadi Jaminan Bank untuk Tambah Modal

Salah satu contoh karya ekonomi kreatif. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) mendapat angin segar. Ide kreatif dan hak kekayaan intelektualnya (HAKI), bisa dijaminkan ke bank atau nonbank.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih usai rapat dengan Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko, di ruang rapat, Selasa (19/3/2019).

Ditambahkan Fikri, Komisi X DPR RI selama ini menangkap kegelisahan pegiat ekraf. Hal ini disebabkan ide kreatif dan HAKI belum terakomodasi sebagai jaminan.

Ketika mereka membutuhkan modal usaha pengembangan, lanjut Fikri, ide dan Haki mereka tidak bisa dijaminkan.

“Di satu sisi, OJK sendiri belum bisa menaksir nilai harga ide dan HAKI. “Mekanisme dan aturan hukumnya yang perlu dikuatkan terlebih dahulu,” kata Fikri.

Karena itu saat ini DPR RI tengah menggodok RUU masalah itu. “Untuk membantu pelaku ekraf memiliki jaminan dan mudah mendapatkan pembiayaannya,” katanya.

Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih. (Foto: Irawan-aremamedia.com)

Sementara Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi J menuturkan, untuk menuju ekonomi kreatif agar semakin berkembang kuat dan pesat, perlu pembiayaan dan regulasi yang baik dan kuat.

“Pemkot Malang senantiasa memiliki keseriusan dan komitmen yang kuat melaksanakan ekraf dengan ide-ide barunya, baik di nasional maupun internasional,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Irawan
Editor : Noordin Djihad