HUT ke-44, PDAM Kenalkan Digital Transformation Summit 2018

HUT ke-44, PDAM Kenalkan Digital Transformation Summit 2018

Plt Dirut PDAM Kota Malang, Anita Sari melihat dari dekat expo PDAM Digital Transformation Summit 2018, Selasa (11/12/2018). (Foto: Noordin Djihad-aremamedia.com)

MALANG – Menyambut HUT ke-44 PDAM Kota Malang, menggelar expo Digital Transformation Summit (DTS) 2018. Expo berlangsung 11-13 Desember 2018.

Plt Dirut PDAM Kota Malang, Anita Sari SH MH yang membuka expo tersebut kemudian berkeliling. Hampir di semua stan, Anita menyapa dan berdialog dengan penjaga stan.

Usai berkeliling stan, Anita menjelaskan, PDAM Kota Malang meluncurkan inovasi Total Water Utility Integrated Network Command Center (TCC). “Teknologi yang berguna untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan ini bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pada 13 Desember mendatang akan diresmikan,” terang Anita Selasa (11/12/2018).

Ditambahkan, teknologi digital ini sebagai pusat komando untuk pengendalian, kontrol, monitoring proses transmisi dan distribusi air ke pelanggan.

“(Teknologi) ini mengintegrasikan sistem informasi dalam pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA),” tetang Anita lagi.

Dengan demikian seluruh operasional SPAM di PDAM Kota Malang dapat dimonitoring melalui TCC.

“Jadi saya bisa lihat semua proses bisnis dan tidak perlu lagi bertanya ke manajer,” tukasnya.

Yang menarik teknologi ini bisa memantau jumlah pengaduan dan kebocoran air sekaligus mempercepat proses penanganannya.

Bahkan, sambungnya, inovasi terintegrasi dengan sistem pegawai yang sudah berbasis waktu. “Seluruh pekerjaan pegawai tercatat dalam hitungan menit dan per jam,” ujarnya.(*)

Pewarta : Noordin Djihad
Editor : SM Nunggal