Hujan Satu Jam Lebih, 24 Pohon Tumbang Sebabkan Korban Materi dan Luka

Hujan Satu Jam Lebih, 24 Pohon Tumbang Sebabkan Korban Materi dan Luka

Mobil yang tertimpa pohon tumbang di Jalan Bandung. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Hujan deras disertai angin pada Selasa (19/2/2019) sekitar pukul 13.00 yang melanda Kota Malang menyebabkan banyak pohon tumbang. Tercatat 24 titik pohon tumbang, sebagian bahkan menimpa pengendara dan kendaraan bermotor.

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) didapat info 24 titik pohon tumbang menyebar di beberapa wilayah Kota Malang. “Di Jalan Bandung seberang madrasah terpadu, satu unit Nissan Silver S 1061 HI, saat melintas di Jalan Bandung tertimpa pohon jenis trembesi. Atap mobil lumayan penyok dan langsung dievakuasi beberapa warga,” kata salah satu petugas.

Di tempat berbeda, sepeda motor milik tiga wartawan juga tertimpa pohon saat parkir Satpas SIM Polres Malang Kota Jalan Wahidin. Ketiga wartawan yang naas tersebut antara lain dari Malang Today, Momentum (Memo X) dan Memorandum. “Alhamdulillah motor kami tidak sampai rusak parah,” kata wartawan Malang Today, Rahmad Mashudi Prayoga.

Musibah juga dialami pasangan suami istri yang sedang melintas di Jalan Cipto, berdekatan dengan Jalan Wahidin. Pasutri yang tidak diketahui namanya tersebut tertimpa pohon tumbang. Karena mengalami luka, keduanya langsung dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar. Pohon tumbang lainnya di Jalan Gajahmada belakang Gedung DPRD Kota Malang menimpa dua motor dan warung makanan sehingga mengalami kerusakan.

Menurut data BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) Kota Malang diinformasikan, 24 titik kejadian, di antaranya di Jalan Bengawan Solo, Jalan Veteran, Jalan Kaca Piring, Jalan Surabaya, Jalan Bandung, Jalan Trunojoyo, Jalan dr Cipto, Jalan Anggur, Jalan Slamet Riadi, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Kahuripan, Jalan Bogor, Jalan Kartini, Jalan Gilimanuk, Jalan Kertanegara, dan Jalan Baluran.

“Spontanitas 20 personil TRC dari BPBD langsung diterjunkan ke TKP untuk membantu masyarakat mengevakuasi bekas pohon tumbang tersebut,” kata Tri Oky Rudianto, Sekretaris BPBD Kota Malang seraya menambahkan pohon tumbang juga menyebabkan beberapa rumah warga di lingkungan Kelurahan Samaan mengalami kerusakan.

“Secara keseluruhan total berapa jumlah pastinya seperti warung, mobil, sepeda motor, dan kerusakan lainnya belum terdata secara pasti. Sepertinya lebih dari lima kendaraan dan rumah yang mengalami kerusakan,” jelas Tri Oky.

Akibat musibah pohon tumbang, kata Tri, BPBD Kota Malang segera berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait, antara lain Disperkim Kota Malang, Dinas PUPR Kota Malang, komunitas, serta relawan. “Berdasarkan prakiraan cuaca yang diumumkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang, wilayah Malang Raya saat ini memasuki puncak musim penghujan,” ungkap Tri Oky,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Irawan
Editor : Noordin Djihad