HPN 2019, PWI Malang Raya Temu Kangen Wartawan Lintas Angkatan

HPN 2019, PWI Malang Raya Temu Kangen Wartawan Lintas Angkatan

Wartawan lintas angkatan foto bersama. (Foto: Irawan-aremamedia.com)

MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, menggelar silaturahmi temu kangen antara wartawan milenial dengan wartawan senior era tahun 70-80, Ahad (10/2/2019).

Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda menyampaikan, temu kangen dengan wartawan senior ini sebagai ajang ngangsu kaweruh kepada para senior. “Pengalaman dan ilmu mereka tentu memberi edukasi dan menambah manifestasi keilmuan di jurnalistik,” cetus King, sapaan Ariful Huda.

PWI Malang Raya, lanjutnya, juga berencana membuat buku sejarah atau semacam biografi PWI Malang Raya. “Harus kita gali lebih dalam dari para senior yang masih diparingi sehat panjang umur,” terang wartawan koran Memorandum ini.

Bak gayung bersambut, salah satu wartawan senior, dari Suara Indonesia langsung merespon dengan semangat. “Kami akan membantu teman – teman PWI membuat buku biografi PWI Malang mulai awal,” ucap Hendri.

Namun begitu, menurut Hendri, untuk penyusunan pembuatan biografi, mesti dilakukan sesuai kaidah yang ada. “Artinya tidak sekadar membuat atau mencetak begitu saja. Akurasi data, silsilah kepengurusan periode demi periodenya, tokoh wartawan siapa saja yang layak ditampilkan, harus betul – betul dicermati,” bebernya.

Ditambahkan Yunanto, wartawan senior Surabaya Post, hendaknya wartawan milenial saat ini banyak bersyukur. “Banyak sekali kemudahan dan kelancaran dalam menuliskan berita, dibandingkan zaman dulu,” katanya.

Terpenting, pesan Yunanto wartawan mesti melek hukum demi keamanan dan kenyamanan wartawan itu sendiri. “Dengan demikian bisa membedakan mana yang rawan berperkara mana yang aman dipublikasi,” pesan Yunanto.

Bambang Sutejo, wartawan senior Bisnis Indonesia, juga menyarankan, profesi wartawan bisa dimanfaatkan dalam membangun jaringan secara positif, untuk kemaslahatan umat manusia. “Tidak menutup kemungkinan, jaringan yang dibangun akan memberikan nilai manfaat besar di kemudian hari,” ujar Bambang.(*)

Pewarta : Irawan
Editor : Noordin Djihad