Hasil Sidak Rekayasa Lalin, Wali Kota Malang Perbanyak Jalur Memutar

Hasil Sidak Rekayasa Lalin, Wali Kota Malang Perbanyak Jalur Memutar

Dengan gayanya yang khas, Sutiaji memberi penjelasan tentang rekayasa lalin untuk meminimalisasi kemacetan. (Foto: Humas Pemkot-aremamedia.com)

MALANG – Uji coba rekayasa satu jalur di Jalan Jakarta tak lepas dari pantauan Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji.

Seperti yang terjadi pada Jumat (11/1/2019) pagi, Sutiaji sudah berada di Jalan Surabaya.

“Ini saya lihat masih ada penumpukan pada titik temu kendaraan yang mau masuk Jalan Jakarta (depan Bakorwil), khususnya dari Jalan Raung dan dari jalan Bandung,” ujar Sutiaji seraya menunjuk kendaraan di persimpangan Jalan Ijen dan Jalan Jakarta.

Dengan keadaan seperti itu, Sutiaji meminta kepada Kabid Rekayasa Lalin Dinas Perhubungan Kota Malang, Agus Mulyadi dan petugas Lalin Polres Malang Kota untuk melakukan manajemen rekayasa lanjutan.

“Jadi saya minta kendaraan yang dari arah bundaran Jalan Bandung tidak boleh langsung berbelok kanan ke Jalan Jakarta (depan Bakorwil). Kendaraan harus masuk ke Jalan Raung menuju Timur, kemudian berputar di Simpang Balapan dulu, baru mengarah ke Utara kembali untuk selanjutnya baru bisa belok ke depan Bakorwil,” perintahnya.

Demikian halnya kendaraan yang dari Jalan Raung tidak diperbolehkan langsung menyeberang ke Jalan Jakarta. “Harus belok kiri (arah selatan) menuju Simpang Balapan terlebih dahulu,” kata Sutiaji yang pagi itu mengenakan batik.

Sutiaji juga menyoroti uji coba rekayasa lalin di kawasan Soekarno Hatta. Untuk lokasi tersebut, dia memerintahkan kendaraan dari arah Barat (Dinoyo) yang menuju ke Timur (Betek) harus berbelok dulu ke Jembatan Soetta.

Bahkan Sutiaji memerintahkan pintu keluar dari UB menuju Jalan MT Haryono atau Jalan Soekarno-Hatta (Suhat) ditutup. Hal ini agar tidak ada lagi kendaraan menyeberang menuju jembatan Suhat.(*)

Pewarta : Noordin Djihad
Editor : SM Nunggal