Hasil Pantauan TPID Jelang Nataru, Derry: Kenaikan Harga Masih Stabil

Hasil Pantauan TPID Jelang Nataru, Derry: Kenaikan Harga Masih Stabil

Plt Kepala Perwakilan BI Malang, Derry Rossianto (baju batik) bersama Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Wawali Kota Malang, Sofyan Edi, memantau ketersediaan bahan pokok, Rabu (19/12/2018). (Istimewa)

MALANG – Meski di pasar beberapa komoditi mengalami kenaikan, masih tergolong wajar. “Hanya ada beberapa komoditas yang mengalami tekanan harga seperti daging ayam, telur dan bawang merah. Namun kenaikannya tidak terlalu tinggi dan masih wajar,” kata Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Dery Rossianto.

Derry menyampaikan hal ini di sela pemantauan kebutuhan pokok di pasar, Bulog, dan Pertamina menjelang Natal dan tahun baru. Pantauan ini dilakukan Derry bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang dipimpin Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji.

Menurut Derry, pantauan atau monitoring kebutuhan bahan pokok ini dilakukan guna memastikan 4K, ketersediaan, kelancaran, keterjangkauan, dan komunikasi.

“Maksudnya ketersediaan bahan pokok di tingkat pedagang pasar dan Bulog. Kemudian kelancaran distribusi, selanjutnya keterjangkauan harga barang, dan terakhir, dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat bahwa barang tersedia dengan cukup,” terangnya.

Derry mengakui, dari hasil pantauan, sebagian besar harga kebutuhan pokok relatif stabil. “Hanya beberapa komoditas yang mengalami tekanan harga seperti daging ayam, telur dan bawang merah. Namun kenaikannya tidak terlalu tinggi dan masih wajar,” sambungnya.

Selanjutnya Derry mengimbau kepada masyarakat agar berbelanja dengan bijak. “Belanja seperti biasa saja mengingat stok saat ini terjamin ketersediannya,” jamin Derry. (*)

Pewarta : Noordin Djihad
Editor : Sapteng MN