Guru di Tiga MGMP Kota Batu Dianjurkan Unduh Aplikasi HOTS

Guru di Tiga MGMP Kota Batu Dianjurkan Unduh Aplikasi HOTS

Peserta kegiatan guru-guru MGMP di aksi for school. (Foto: Iwan Setiawan-aremamedia.com)

BATU – Sekadar melatih siswa membiasakan literasi dalam mengerjakan soal-soal ternyata belum cukup. Harus sesuai aplikasi Assesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI).

Hal tersebut tertuang dalam tujuan pelaksanaan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Rabu (31/10/2018). “Disamping itu juga mengembangkan siswa berfikir kreatif dalam menjawab pertanyaan sesuai aplikasi,” kata Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kota Batu, Dra Yayuk Saryastuti M.Pd.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Batu ini bertajuk Disemanasi Pemanfaatan Kompetensi Siswa Indonesia (Aksi For School) diikuti 93 peserta dari 31 sekolah.

Setidaknya tiga materi disampaikan kepada para guru ini. “Pertama, pengoperasian aplikasi AKSI. Kedua, presentasi mengatasi kendala teknis soal. Terakhir jawaban yang ada di aplikasi,” terang Yayuk lagi.

Para guru bisa mengakses aplikasi ini melalui  <a href=”http://www.pamerakasi.com/” target=”_blank” rel=”noopener” data-saferedirecturl=”https://www.google.com/url?q=http://www.pamerakasi.com&amp;source=gmail&amp;ust=1541209245800000&amp;usg=AFQjCNE8aQ1Fs40D963uy_HKx3fTNYpMVA”>www.pamerakasi.com</a> atau playstore. “Aplikasi ini berisi soal-soal berbasis abad 21 di antaranya Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan essai. Selain itu mendorong siswa untuk berfikir kritis, kreatif, berkolaboratif dan komunikatif,” urainya.

Kegiatan ini ditujukan untuk tiga mata pelajaran (mapel) yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan matematika. “Sebelumnya kami bertiga Ketua MGMP masing-masing mapel mengikuti pelatihan Training Of Trainer (TOT) di Surabaya selama lima hari,” tambahnya.

Yayuk juga berharap agar para guru segera menerapkan program aplikasi tersebut di sekolahnya masing-masing. Melalui ulangan harian dan ujian lainnya. (*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad