Gubernur Jatim Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Bondowoso

Gubernur Jatim Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Bondowoso

Khofifah saat meninjau desa terdampak banjir di Bondowoso, Kamis (30/1/2020). (Foto: Nurul Yaqin)

BONDOWOSO – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turun langsung di dua desa yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Kamis (30/1/2020).

Khofifah yang didampingi Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin untuk memastikan proses penanganan pasca banjir dan meninjau ratusan rumah warga terdampak, yakni di Desa Sempol dan Desa Kalisat.

“Di sini aksi cepat tanggap dalam penangan banjir ini termasuk cepat sekali. Banyak yang bergerak mulai dari BPBD, TNI, Polri, para relawan, serta perangkat desa. Apalagi para warga dan pemilik rumah juga antusias membersihkan rumahnya,” paparnya.

Setelah meninjau rumah yang terdampak, Khofifah langsung memberikan bantuan kepada warga yang terdampak di tenda yang sudah disiapkan oleh BPBD Bondowoso. Kemudian ia beserta rombongan melanjutkan pemantauan di dapur umum dan pengungsi, serta terakhir mendatangi SDN 1 Sempol yang juga cukup parah terdampak banjirnya.

Untuk tindakan selanjutnya, Khofifah akan mengoordinasikan kembali kepada Bupati Salwa Arifin terkait data rumah dan warga yang terdampak banjir.

“Data sementara yang saya diterima, rumah warga terdampak banjir bandang sebanyak 135 di Desa Kalisat dan 80 rumah di Desa Sempol. Namun data ini akan terus diperbarui dengan berkoordinasi sama Bupati Bondowoso,” jelasnya.

Ia melanjutkan, jika data-data ini sudah valid baru bisa diberi bantuan sosial. “Karena setelah selesai tanggal darurat masih ada rekonstruksi kemudian baru bisa recovery sosialnya. Setelah data ini valid segera mungkin saya akan kembali lagi ke sini,” janjinya.

Gubernur Khofifah juga berterima kasih kepada Bupati Salwa Arifin karena sudah mengeluarkan SK Tanggap Darurat sampai 11 Februari 2020. “Tanggap darurat ini paling lama 14 hari, namun masih bisa diperpanjang oleh bupati jika masih dirasa membutuhkan bantuan,” ujarnya.(*)

Penulis: Nurul Yaqin

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi