GenBI Jember Galang Dana Untuk Mbah Saeti

GenBI Jember Galang Dana Untuk Mbah Saeti

Aksi galang dana melalui pertunjukan musik saat CFD, Ahad (15/9/2019) kemarin. (Foto: Zuhal Firdaus)

JEMBER : Prihatin dengan kondisi Mbah Saeti, Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember, menggelar penggalangan dana, Ahad (15/9/2019).

Berlangsung saat Car Free Day (CFD), aksi sosial melalui pertunjukan musik ini cukup efektif menarik perhatian warga.

Tim leader, Dandy Ardiansyah, menceritakan, Saeti (72), adalah janda warga jl. Letjen Suprapto, Gg Kali Serang, Kecamatan Tegal Besar, Jember. Dia tinggal berdua dengan saudara perempuannya di lahan kosong milik warga. Kondisi rumah yang ditempati tidak layak huni.

Biasanya, lanjut Dandy, untuk memenuhi kebutuhan hidup, Saeti berjualan sayur dengan pendapatan yang minim. “Sudah dua bulan ia terbaring lemah di atas kasur karena lumpuh sehingga tak mampu bekerja lagi,” sambungnya.

Saeti sebelum dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. (Foto: Zuhal Firdaus)

Untuk makan sehari-hari, Saeti hanya mengandalkan bantuan warga sekitar. “Saat ini ia sudah dibawa ke RS Bina Sehat Jember karena lumpuh dengan bantuan dari komunitas ‘ketimbang ngemis’,” cerita Dandy.

Kami, lanjut Dandy, sebagai komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia bergerak melalui program kerja ‘koin sosial’. “Tujuan kami untuk meringankan beban Mbah Saeti selama menjalani perawatan,” ungkapnya.

Beberapa komunitas juga tutur bersinergi, seperti ACT (Aksi Cepat Tanggap), Ketimbang Ngemis, Tanazaha Band, dan Band dari SMPN 1 Jelbuk, Jember.

Aksi sosial di CFD kemarin, komunitas GenBI berhasil mengumpulkan Rp 966.500. “Dana ini rencananya kita berikan kepada Mbah Saeti, Sabtu depan,” katanya seraya menambahkan kegiatan sosial seperti ini rutin dilakukan.

Dandy berharap, semoga dana yang terkumpul dari hasil penggalangan dana ini, walau tidak banyak, bisa meringankan beban Mbah Saeti,” pungkas Dandy.(*)

Penulis : Moh Nurul Yaqin & Putri Maydi (Anggota GenBI Jember)

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi