Gelar Pengobatan Gratis di Desa, Mahasiswa UMM hanya Temukan Darah Tinggi dan Diabetes

Gelar Pengobatan Gratis di Desa, Mahasiswa UMM hanya Temukan Darah Tinggi dan Diabetes

Bentuk pengabdian Kelompok 85 KKN UMM dengan pengobatan gratis. (Foto: Fajar Sasongko)

KAB MALANG – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 85 Universitas Muhammadiyah Malang direalisasikan dengan gelar pengobatan gratis. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Fakultas Kedokteran UMM.

“Sekitar 50 orang dengan kisaran usia 50-80 tahun warga
Desa Petungsewu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur mendapat pemeriksaan sekaligus pengobatan gratis,” kata Koordinator Desa (Kordes) KKN 85 UMM, Norman Handitya Prima.

Proses kegiatan diawali dengan warga ke bagian anamnesis untuk melakukan cek kesehatan dan wawancara medis. “Kemudian lanjut pendiagnosaan. Terakhir, warga diberi obat secara gratis sesuai hasil diagnosis dokter,” ungkap Prima.

Ditambahkan Prima, mahasiswa KKN ingin membantu warga untuk memeriksakan kesehatannya. “Dengan adanya pengobatan gratis ini diharapkan tidak ada permasalahan kesehatan lagi, sehingga warga dapat melakukan aktivitas mereka dengan normal kembali,” imbuh Prima.

Dengan telaten, mahasiswa UMM menuntun warga lansia yang ingin memeriksakan kesehatan. (Foto: Fajar Sasongko)

Sementara itu Novi Aulia dari TBMM FK UMM mengaku sangat senang diajak kerja sama kelompok KKN 85. “Karena sesuai visi kami yaitu memberi bantuan medis bagi masyarakat dibidang kesehatan dan pecintaan alam,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, dari hasil anamnesis (wawancara medis) keluhan serta riwayat penyakit yang diderita oleh sebagian warga adalah darah Tinggi dan diabetes.

“Kebanyakan warga tadi mengeluh pusing, pegal linu, dan darah tinggi. Tadi juga ada sekitar lima sampai enam warga yang ternyata memiliki riwayat diabetes,” jelasnya.

Selain itu, dari hasil rekapan rekam medis yang dilakukan oleh Salma Nurisna selaku Koordinator Divisi Kesehatan dan Lingkungan KKN 85 UMM dalam kegiatan layanan kesehatan gratis ini, banyak warga yang menderita penyakit myalgia (pegal linu) dan darah tinggi.(*)

Karya : Nurlaily Romadhoni
Kelompok : KKN 85 UMM

(Fotografer : Fajar Sasongko )

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi