Gelar Ajang Literasi, BI Jember Diserbu Masyarakat

Gelar Ajang Literasi, BI Jember Diserbu Masyarakat

Wow, anak-anak yang juga siswa sekolah berkerumun di stan literasi. (Foto : Musa Hidin)

JEMBER – Berbahagialah masyarakat literasi Jember. Minat mereka terwadahi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jember melalui ‘Literasi untuk Semua’, Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan yang bersamaan dengan Hari Kunjungan Perpustakaan Nasional ini, mendapat apresiasi masyarakat Jember. Acara juga dimeriahkan kehadiran 10 pendongeng cilik terbaik dari 10 sekolah di Jember.

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jember, Febrina, mengatakan, kegiatan ini kali pertama diselenggarakan. “Akan menjadi agenda setiap tahun berikutnya,” imbuhnya saat memberi sambutan di Gedung Serba Guna BI Jember.

Febriana menambahkan, tujuan acara ini untuk memberikan wadah dan pemahaman bagi penggerak literasi dalam pengelolaan aktivitas. “Disamping itu juga dapat meningkatkan literasi bagi semua usia,” tuturnya.

Acara pun dikemas dengan berbagai kegiatan menarik, seperti Pameran Komunitas Literasi Jember dan Story Telling Cerita Rakyat Indonesia. Ada juga Seminar Peningkatan Minat Baca Anak, serta Talkshow Semangat Literasi pada Diri Sendiri.

Sementara di luar Gedung Serba Guna BI Jember terdapat beberapa stan pameran komunitas literasi.

“Semoga acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perpustakaan Bank Indonesia Jember,” harap Febriana.

Ditambahkan Liaison Officer, Anggi Kurnia, terdapat stan bagi beberapa komunitas literasi yang ada di Jember.

“Sepert stan pameran dari komunitas UNEJ Mengajar, Kampoeng Badja, Akademi Berbagi Jember, Jendela Jember, dan Untukmu Si Kecil,” katanya.

Terdapat pula stan Taman Baca Merdeka, The Jannah Institute, Komunitas Siaga Bencana, dan juga stan GenBI Jember.

Salah satu peserta, Azhar, mengaku termotivasi dengan adanya acara ini, “Baru kali ini, ada ragam kegiatan literasi di Jember. Saya pribadi lebih termotivasi dengan dunia literasi, khususnya untuk meningkatkan minat baca,” ujar mahasiswa IAIN Jember ini. (*)

Penulis : Putri Maydi Arofatun A. (Anggota GenBI Jember)

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi