Gebrakan Kasat Narkoba Polres Batu, Sebulan Bertugas Langsung Ungkap 10 Kasus

Gebrakan Kasat Narkoba Polres Batu, Sebulan Bertugas Langsung Ungkap 10 Kasus

Belasan tersangka saat rilis bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK. MIK dan Kasat Narkoba Iptu Yussi Purwanto S.H yang baru saja menjabat. (Foto: Doi Nuri - aremamedia.com)

BATU – Sejak resmi menjabat sebagai Kepala Satuan (Kasat) Narkoba pada 9 September 2019 lalu, kepemimpinan Iptu Yussi Purwanto S.H hingga hari ini, Senin (7/10/2019) terlihat moncer. Pasalnya selama kurang kurang lebih satu bulan, Polres Batu berhasil mengamankan narkotika jenis sabu-sabu seberat 48,2 gram dalam 10 kasus yang diungkap.

Lebih lanjut, dari 10 kasus yang berhasil diungkap, telah diamankan 15 Tersangka narkotika sabu engan rincian, tiga pengedar, empat kurir serta delapan pengguna. Mereka memiliki rentang usia 18-47 tahun.

Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK mengatakan hal itu di depan wartawan, Senin (7/10/2019). “Selama sebulan ini Satnarkoba berhasil menangkap 10 kasus narkotika dengan 15 tersangka dan mengamankan 48,2 gram sabu. Dari jumlah barang bukti barang haram tersebut, apabila dikonversikan dalam rupiah mencapai Rp 60 juta,” ungkap Akpol angkatan 2001 itu.

Keberhasilan pengungkapan 10 kasus ini, lanjutnya, merupakan hasil penyelidikan Satresnaekoba di di jalan dan rumah masing-masing tersangka. Dengan keberhasilan tersebut Polres Batu berkontribusi menyelamatkan ratusan generasi di Batu dari bahaya Narkoba.

“Coba kita asumsikan saja, 1 gram sabu dikonsumsi 5 orang. Jadi lebih kurang ada 241 orang yang kita selamatkan dari peredaran sabu-sabu dengan tertangkapnya pengedar, kurir dan pemakai ini,” imbuhnya.

Informasi tambahan, Iptu Yussi Purwanto S.H yang baru saja menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Batu menegaskan bahwa dari seluruh tersangka, terdapat tiga tersangka yang merupakan pengedar besar di Kota Batu. Bahkan barang bukti yang berhasil didapatkan saat penangkapan cukup mengejutkan.

“Dari tangan tersangka Abdul Manaf (45) kami berhasil amankan sabu-sabu seberat 41 gram di rumahnya, di jalan Merpati Utara, no 15 Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sedang saat tertangkap basah membawa tiga poket sabu seberat 0,35 gram masing-masing poket, bisa kita anggap pengedar besar ini,” paparnya.

Diketahui, Iptu Yussi menyampaikan jika dari 10 kasus, 15 tersangka ditangkap di wilayah hukum Polres Batu. Dengan TKP meliputi Desa Bumiaji, Sekar Putih, Pujon, Pesanggrahan, Temas, Pendem, Songgoriti, Pandanrejo, dan stadion Brantas.

“Berdasarkan pengamatan, untuk wilayah hukum Polres Batu yang rawan penyalahgunaan dan peredaran narkoba adalah Songgoriti dan Pendem, meski tidak menutup kemungkinan di daerah lainnya juga mesti diwaspadai,” pungkasnya.

Dengan adanya barang bukti yang telah diamankan, Untuk 12 tersangka pengguna dan kurir dijerat Pasal 112 dengan hukuman penjara 4-12 tahun. Sedangkan untuk 3 pengedar dijerat dengan pasal 114 dengan hukuman 4-20 tahun. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad