Gandeng Dua Perguruan Tinggi Taiwan, IKIP Budi Utomo Siap Hadapi Era 4.0

Gandeng Dua Perguruan Tinggi Taiwan, IKIP Budi Utomo Siap Hadapi Era 4.0

Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko tukar cinderamata dengan President Asia University, Jefrey JP Tsai. (Foto: Humas IBU-aremamedia.com)

MALANG – IKIP Budi Utomo (IBU), terus melebarkan sayapnya dengan melakukan kerja sama perguruan tinggi mancanegara.

Kali ini menggandeng dua perguruan tinggi Taiwan, Asia University dan Wufeng University. Sebelumnya, bekerja sama dengan Thailand.

Konsep kerja samanya, menurut Rektor IKIP Budi Utomo (IBU), Dr H Nurcholis Sunuyeko MSi antara lain meliputi publikasi ilmiah, joint research dosen, internship dan pertukaran mahasiswa.

Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor IBU dengan President Wupeng University, Ming Hong Su serta President Asia University, Prof Jefrey JP Tsai PhD ditandatangani di Taiwan, Kamis (25/4/2019).

Rektor IBU, Nurcholis menyerahkan cinderamata kepada President Wupeng University (Foto: Humas IBU-aremamedia.com)

Menurutnya, dengan menjalin kerja sama Internasional, IBU siap menghadapi era 4.0 dan menjadi perguruan tinggi internasional.

”Bahkan di Taiwan ini, ada 14 perguruan tinggi yang membuka peluang bersinergi. Tapi tentunya akan disesuaikan dengan kepentingan akademis kita,” jelasnya.

Sementara Ming-Horg Su mengaku senang, melakukan kerja sama dengan IBU yang proses belajar mengajarnya telah menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan saat ini.

Meski begitu, tidak mengesampingkan budaya nasonal. mengangkat budaya nasional.
”IBU ini sangat menarik. Ada banyak kesamaan dengan kami di Taiwan. Saya tidak sabar untuk segera mengirim mahasiswa ke IBU. Termasuk selalu menunggu kapan IBU (mengirim) mahasiswanya ke Wupeng University,” tandasnya.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad