FT UMM Raih Jawara di KJI KBGI

FT UMM Raih Jawara di KJI KBGI

Para jawara dari FT UMM yang berhasil menorehkan prestasi di ajang konstruksi jembatan. (Foto: istimewa)

MALANG – Kembali.mahasiswa Fakultas Teknik UMM menoreh prestasi gemilang di level nasional. Kali ini menjadi jawara pada Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KJI KBGI) 2018. Sejumlah gelar dari beberapa kategori yang dilombakan berhasil direngkuh UMM.

Di ajang KJI ini terdapat tiga kategori yang dilombakan yaitu Jembatan Baja, Jembatan Model Busur, dan Jembatan Model Canai Dingin. Dua tim UMM mampu masuk sampai finalis pada dua kategori, Jembatan Model Busur dan Jembatan Model Canai Dingin.

“Hasilnya, UMM meraih juara I kategori Jembatan Model Canai Dingin dan juara III kategori Jembatan Model Busur,” pembimbing Lembaga Semi Otonom KJI KGBI, Chairil Saleh.

Bahkan di kategori Jembatan Canai Dingin, UMM meraih predikat terkokoh dan terbaik. Juara tersebut didapat karena jembatan yang diberi nama Tudang Sipulang itu memiliki keunikan berupa perubahan rangka jembatan setelah diberikan beban yang nilainya sangat kecil.

Chairil mengungkapkan, mahasiswa yang diterjunkan pada lomba dididik melalui LSO KJI KGBI sendiri.

Dikatakannya, LSO tersebut menjadi pembelajaran mahasiswa yang akan mengikuti lomba KJI KGBI. “Kita selalu berjuang karena pesaing kita dan penilaian dari lomba sendiri makin lama makin sulit,” ucapnya.

Sementara tim yang meraih juara I itu bernama Red Jaeger dengan bimbingan dosen Yunan Rusdianto. Tim tersebut beranggotakan empat orang, antara lain M. Ikbal Maulana, Rendy Asharry, Ana Mahrurin, dan Andre Oktavian Wijaya. (*)

Pewarta : Emil Meireza Sulaiman
Editor : Noordin Djihad