FIK UM Miliki Gedung Baru Ramah Difabel

FIK UM Miliki Gedung Baru Ramah Difabel

MALANG-Gedung baru Fakukatas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) dilengkapi sarana prasrana mahasiswa berkebutuhan khusus difabel.

Peresmian gedung ditandai dengan tendangan bola Rektor UM, Prof Dr Rofi’udin ke gawang disusul suara sirine dan pelepasan balon ke udara.

Seperti dikatakan Dekan FIK UM, Dr Sapto Adi MS, sejak tahun lalu FIK telah menerima mahasiswa difabel. Tidak heran kalau kemudian gedung baru FIK ini sengaja didesain untuk mahasiswa difabel.

“Selain ada lift kami juga menyediakan kursi roda,” tambahnya, Senin (6/1)

Gedung FIK dibangun dilingkungan sarana olahraga milik UM lainnya seperti lapangan tennis, lapangan sepak bola juga kolam renang.

Bahkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa difabel, fakuktas ini mendatangkan dosen khusus Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Gedung berlanti delapan ini mampu menampung mahasiswa FIK dan dilengkapi laboratorium dari 4 jurusan sekaligus.

Dengan Program Studi meliputi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Jurusan Ilmu Keolahragaan, serta Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. ” Sampai saat ini mahasiswa FIK sebanyak 2.300,” terang Sapto Adi.

Menurutnya dibagian basement terdapat Laboratorium penelitian. Di Lab Pendidikan Jasmani dilengkapi dengan Lab Multi Media. Sedangkan di Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga dilengkapi dengan Laboratorium Weigth Training.

Guna mengoptimalkan peran Fakultas Ilmu Keolahragaan ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan empat instansi yakni Dinas Pemuda dan Olah Raga, serta Dinas Pendidikan juga KONI dan Dinas Kesehatan.

“Semua kami rangkul untuk meningkatkan prestasi olahraga di Malang Raya,” tuturnya.

Gedung FIK yang mengedepankan tekhnologi informasi ini nantinya secara berkala menayangkan berbagai prestasi dari atlit dalam dan luar negeri melalui display elektronik .

“Prestasi para atlet tersebut dapat memotivasi mahasiswa,” jelasnya.

Penulis : Sapteng
Editor : Noordin Djihad