Festival Dawai Nusantara IV Digelar Hari Ini

Festival Dawai Nusantara IV Digelar Hari Ini

Salah satu penampil di Festival Dawai Nusantara #2 (sumber: merdekadotcom)

MALANG – Hari ini, Sabtu (28/7/2018), Festival Dawai Nusantara IV akan digelar di Jalan Simpang Balapan. Acara tahunan ini akan menghadirkan 12 delegasi dari berbagai daerah, mulai dari Malang, Yogyakarta, Purwokerto, Bali, Sidoarjo, Situbondo, Medan, NTT, hingga Riau.

Rangkaian acara bakal digelar mulai pagi hingga nanti malam. Diawali dengan pasar UMKM pagi ini, kemudian workahop instrumen dawai mulai pukul 14.00 dan puncak acara pada pukul 19.00 hingga selesai.
Penggagas Festival Dawai Nusantara, Redy Eko Prastyo menjelaskan konsep yang digunakan berbeda dengan gelaran sebelumnya. Salah satu perbedaannya adalah venue yang sengaja dibuat di luar ruangan. Menurutnya, Pertunjukan luar ruangan tantangan tersendiri bagi penyelenggara. Pasalnya, karakter instrumen dawai memiliki detil khusus sehingga perlu penyeimbangan agar detil tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi ruang publik.
“Instrumen dawai butuh apresiasi secara detail untuk bagaimana menyeimbangkan bunyi di ruang publik,” terangnya.
Panitia Festival Dawai Nusatara, Dwi Cahyono menambahkan, inspirasi yang diambil dalam gelaran kali ini adalah Bhineka Tunggal Ika dengan tema Unity In Diversity. Berdawai, lanjut Dwi, bukan sekadar pertunjukan musik, melainkan wahana mengomunikasikan bahwa nusantara memiliki kekayaan seni dan budaya.
“Lebih dari itu menunjukkan kepada publik kekayaan dan keragaman musika dawai nusantara. Namun lebih penting dari itu juga musika dawai sebagai benang suara dapat merajut keragaman itu dalam bingkai kesatuan,” pungkas dia.(*)

Pewarta : SM Lubis
Editor: Shuvia Rahma