Dua Pesepakbola Nasional Ikuti “Samba 2020” IBU

Dua Pesepakbola Nasional Ikuti “Samba 2020” IBU

Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko. (Foto: noordin djihad-aremamedia.com)

MALANG – IKIP Budi Utomo Malang memastikan mengawali kuliah pada Kamis (16/7/2020) besok melalui program “Samba 2020” Periode I. Samba sendiri merupakan akronim dari sambut mahasiswa baru.
Sejumlah 50 mahasiswa baru akan mengikuti “Samba 2020″ ini, 25 di antaranya langsung tatap muka di kampus, sementara 25 lainnya melalui daring.
Rektor IKIP Budi Utomo (IBU), Dr H Nurcholis Sunuyeko, M.Si, mengatakan pihaknya sengaja mengawali perkuliahan supaya calon mahasiswa baru (Camaba) segera kuliah.
Sekaligus, lanjutnya, untuk memastikan status mereka tidak lagi sebagai anak SMA tetapi sudah menjadi mahasiswa,” tegasnya.
Tentu saja dengan status mahasiswa, mereka berhak mendapat pembelajaran dari dosen yang mengampu masing-masing mata kuliah. (Baca juga: Gara-gara “Go to SAMBA 2020”, Rektor IBU Minta Maaf ke Dikti)
Menurutnya, dengan adanya pandemi Covid-19, nilai-nilai silaturahim tercerabut. “Walau dengan daring terjalin silaturahim, tapi sangat berbeda jika dilakukan dengan tatap muka,” ujarnya.
Itu juga yang menjadi salah satu alasan IBU segera mengawali perkuliahan. “Kami beri tawaran kepada mahasiswa untuk ikut kuliah daring atau tatap muka di kelas,” kata Nurcholis lagi.
Jika mahasiswa memilih tatap muka dengan dosen pengampu, maka harus bersedia memenuhi protokoler kesehatan Covid-19, terutama membawa surat keterangan nonreaktif saat rapid test. Selain itu pihak kampus sudah menyiapkan kursi perkuliahan yang hanya diisi 50 persen dari kapasitas kelas. Tentu saja wastafel dan sabun, hand sanitizer, thermo gun, juga disiapkan.
“Tinggal sekarang mahasiswa memilih kuliah periode berapa, kami yang akan mengaturnya,” imbuhnya seraya menyebut saat kuliah berlangsung, IBU tetap memegang prinsip jumlah, space, dan durasi.
Dengan jumlah pendaftar sekitar 1700 Camaba, maka akan terdapat beberapa kali episode. “Jadi nanti ada episode II, episode III, IV, V, dan seterusnya,” tuturnya.
Di antara mahasiswa baru nanti, ada dua nama yang cukup dikenal sebagai pesepak bola di tanah air. “Yang pertama, Jericho Cristantoko (Persijap Jepara), serta Iman Budi Santosa pemain Persis Solo,” tutupnya.(*)