Dua Hal Ini Diterapkan SDN 01 Temas Batu Pertahankan Adiwiyata

Dua Hal Ini Diterapkan SDN 01 Temas Batu Pertahankan Adiwiyata

Siswa SDN Temas 01 Batu sedang membersihkan lingkungan sekolah. (Foto: Dok SDN 01 Temas for kabaredu.com)

BATU – Sekolah sebagai lembaga pendidikan disadari pengelola SDN 01 Temas, Kota Batu, tidak sekadar proses belajar mengajar di kelas. Peduli terhadap lingkungan juga merupakan salah satu kegiatan pendidikan.

Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan Sekolah Adiwiyata pada 2014 lalu. Tentu saja proses mendapat penghargaan ini tidak mudah dan butuh waktu panjang. “Kami membutuhkan dua tahun untuk mempersiapkan Adiwiyata tingkat kota. Di tingkat Provinsi Jatim serta nasional kami hanya (butuh) satu tahun persiapan,” terang Kepala SDN 01 Termas, BAtu, Dra Yayuk Rahayuningsih, M.Pd.

Tentu saja terdapat tantangan selama persiapan tersebut. “Kami terapkan penghargaan dan hukuman untuk siswa. Dengan cara seperti ini murid-murid nantinya akan peduli dengan lingkungan sekitar dan diharapkan bisa sampai ke rumah,” kata Yayuk yang juga berharap para wali murid meneruskan yang diajarkan di sekolah agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. .

Selan itu, lanjut Yayuk, 397 siswa setiap Sabtu seminggu sekali diadakan kegiatan cara bertanam dan perawatan di lingkungan sekolh. “Sekolah kami juga bekerja sama dengan dinas dinas terkait seperti, Dinas Pertanian, Puskesmas yang ditunjuk Dinas Kesehatan sebagai mitra kerja SDN 01 Temas,” jelasnya.

Masih tentang peduli lingkungan sehat, pihak sekolah juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Tujuannya supaya para murid paham dan mengerti cara hidup sehat. “Kami juga menanamkan kepada para murid kesadaran untuk kebersihan sekolah,” tambahnya. (*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad