Dirut PDAM Kabupaten Malang Obral Obsesi Penuhi Air Bersih Masyarakat Malang Raya

Dirut PDAM Kabupaten Malang Obral Obsesi Penuhi Air Bersih Masyarakat Malang Raya

Dirut PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, saat memberi keterangan pers kepada wartawan. (Foto: Galuh Ayu-aremamedia.com)

MALANG – Sebagai Ketua DPD Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Timur, Syamsul Hadi tidak lagi berpikir sektoral.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang ini sekarang berpikir membuat bendungan. “Dengan bendungan itu, kebutuhan air bersih masyarakat Malang Raya akan tercukupi,” katanya saat diskusi dengan anggota PWI Malang Raya, Kamis (14/2/2019).

Fungsi bendungan itu bahkan bisa untuk pembangkit tenaga listrik serta tempat wisata. “Jadi bendungan itu multi fungsi,” ujarnya.

Dengan tema ‘Penyediaan Air Baku Untuk Malang Raya’, Syamsul mengobral obsesinya tentang air bersih untuk masyarakat.

“Berdasarkan data kami, terdapat 67 titik sumber air yang kami kelola. Tapi, yang menggunakan air permukaan sebanyak tiga titik,” ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, lanjut Syamsul, pihaknya juga memiliki 41 titik sumber mata air dan 16 sumur bor untuk memenuhi kebutuhan sambungan rumah (SR) pelanggan.

Namun, tambah Syamsul, pihaknya juga berencana untuk membangun tiga titik sistem penyediaan air minum (SPAM) guna menambah ketersediaan air.

“Dari tiga titik SPAM ini diharapkan mampu menjangkau hingga 16.000 sambungan rumah (SR), denga rincian 10.000 SR dari sumber Dieng, 4.000 SR dari sumber Goa Kalisat, dan 2.000 SR dari SPAM kidal,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya M. Ariful Huda mengatakan, dengan diskusi ini diharapkan dapat menambah wawasan para wartawan tentang kondisi air baku di wilayah Kabupaten Malang.(*)

Pewarta : Galuh Ayu KW
Editor : Noordin Djihad