Dinsos Serahkan 43 Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Batu

Dinsos Serahkan 43 Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Batu

Kabid Rehab Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kota Batu, Satriyo Wicaksono secara simbolis memberikan bantuan kepada salah satu masyarakat penyandang disabilitas. (Foto: aremamedia – Doi Nuri)

BATU – Bertempat di BLK (Balai Latihan Kerja), Balai Desa Pesanggrahan, Kec. Batu, Dinas Sosial membagikan alat bantu bagi 43 penyandang disabilitas, dari 11 desa dan 5 kelurahan se Kota Batu. Kabid Rehab Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kota Batu, Satriyo Wicaksono secara langsung memimpin penyerahan 40 kursi roda dan 3 tongkat kaki lima, Kamis (11/6/2020).

Satriyo Wicaksono menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian para penyandang disabilitas dalam berkarya, beraktivitas sehari-hari dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi. “Pemberian bantuan kursi roda ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai tanggung jawab pemerintah kota Batu untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas,” jelas Wicaksono.

Pemberian bantuan kursi roda, lanjut dia, bertujuan untuk menyediakan pelayanan kesejahteraan sosial yang terbaik bagi penyandang disabilitas. “Lebih dari itu juga sebagai upaya rehabilitasi sosial kepada para penyandang disabilitas sehingga mereka dapat berkehidupan di masyarakat,” imbuh dia.

Sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, masih kata Wicaksono, selaras dengan upaya dari Pemerintah Kota Batu untuk mewujudkan Kota Batu sebagai kota ramah difabel. “Semua masyarakat dengan latar belakang apapun memiliki hak yang sama untuk hidup sejahtera dan terjamin,” tandas pria berkacamata itu. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad