Dimulai Sejak 2007, Bank Mandiri Bina 36 Ribu Entrepreneur Muda

Dimulai Sejak 2007, Bank Mandiri Bina 36 Ribu Entrepreneur Muda

PRESENTASI: Salah satu peserta mempresentasikan karya mereka. (Haris Sugiharto / aremamedia.com)

MALANG – Total, lebih dari 36 ribu wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari Wirausaha Muda Mandiri ( WMM).

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Alexandra Askandar mengatakan, sejak digelar 2007 lalu, WMM menunjukan peningkatan yang sangat signifikan.

“ Peningkatan ini menunjukkan adanya kebangkitan perekonomian dari sektor ekonomi kreatif dan melalui WMM yang merupakan CSR dari Bank Mandiri diharapkan dapat meningkatkan ekonomi digital,” ungkapnya.

Ditanya soal perkembangan ekonomi kreatif di Malang, Alexandra Askandar menyatakan helatan WMM pada tahun ini digelar di Kota Malang, karena pada tahun lalu, para pemenang ajang ini berasal dari Jawa Timur. Kegiatan ini dibuka dengan expo yang dipusatkan di Mall Olympic Garden (MOG) pada 6-9 September lalu.

“ Ada sebanyak 90 merk lokal kreatif dan inovatif bernuansa milenial ditawarkan kepada pengunjung. Produk-produk itu antara lain, Cokelat Klasik (produksi wirausaha muda asal Malang), sepatu pria merek Men’s Republic (Juara WMM kategori kreatif 2015) dan Tenun Samarinda Aemtobe,” jelasnya.

Tahun ini, program WMM mengkompetisikan beberapa kategori, yakni kategori Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa; Wirausaha Kreatif; Wirausaha Boga; Wirausaha Sosial dan Wirausaha Teknologi. Adapun kepesertaan WMM terbagi atas dua kategori, yakni kategori Mahasiswa Program SI atau Diploma dan non-Mahasiswa.

“Adapun juri nasional pada bidang kreatif, terdiri dari unsur pemerintah dan pelaku usaha, antara lain Plt Wali Kota Malang, Sutiaji, SPV Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Rohan Hafas, Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri Malang, Ilfi Nur Diana, Direktur Pemberitaan Tempo Intimedia, Arif Zulkifli, serta Founder Saung Angklung Ujo, Taufik Hidayat,” tandasnya.(*)

Pewarta: Haris Sugiharto
Editor: Shuvia Rahma