Digelontor Anggaran Puluhan Miliaran Rupiah, Pilkades Batu Siap Digelar

Digelontor Anggaran Puluhan Miliaran Rupiah, Pilkades Batu Siap Digelar

Kabag Pemerintahan Kota Batu Dyah Liestina saat memberikan keterangan kepada awak media di Balaikota Aming Tani Batu. (Foto: Doi Nuri)

BATU – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2019 dilaksanalan pada 2 Oktober mendatang. Di Kota Batu, Pilkades diikuti 11 desa. Progres persiapan sudah dalam tahapan pembentukan panitia pilkades hingga 30 Juni.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kabag Pemerintahan Kota Batu, Dyah Liestina. Bahkan ia menjelaskan, jika anggaran pelaksanaan pilkades tahun ini mencapai Rp5 miliar. Sebelumnya Pemkot Batu menggelontorkan Rp 85 juta untuk masing-masing desa. Untuk tahun ini dipastikan dana tersebut bakal berubah sesuai dengan jumlah DPT masing-masing desa.

“Jika semula rata-rata Rp 85 juta, sekarang harus sesuai dengan jumlah DPT. Minimal dana yang disalurkan Rp 71 juta dan maksimal Rp 84 jutaan,” kata Dyah.

Berkaitan dengan pembuatan tata tertib dan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT), pihaknya mengatakan hingga 30 Juli. Kemudian dilanjutkan pendaftaran calon kepala desa mulai 31 Juli hingga 8 Agustus 2019.

“Pilkades dilaksanakan pada 2 Oktober mendatang itu agar tidak terlalu dekat dengan akhir tahun, juga sebelum ulang tahun Kota Batu di 17 Oktober. Hanya, pelaksanaan pelantikan masih belum dapat dipastikan,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad