Dewanti Rumpoko Puji Pelaksanaan Pilkades Kecamatan Junrejo

Dewanti Rumpoko Puji Pelaksanaan Pilkades Kecamatan Junrejo

Relawan dari Karang Taruna Tri Tunggal Bhaswara Junrejo, membantu mengoperasikan proses streaming pelaksanaan pemungutan suara. (Foto: Doi Nuri – aremamedia.com)

BATU – Apresiasi Walikota Batu Dewanti Rumpoko disematkan pada Kecamatan Junrejo yang ketiga desanya tengah melakukan proses pesta demokrasi tingkat desa dengan inovasi baru. Pasalnya pada proses pemilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung hari ini (2/10/2019) secara serentak, ketiga desa di Kecamatan Junrejo memberlakukan sistem streaming live di media sosial Youtube.

Alih-alih menyuguhkan sistem pemungutan suara yang transparan, melalui channel Pemdes Torong Rejo untuk Desa Torongrejo, Pemdes Junrejo untuk Desa Junrejo, dan Pilkades Desa Junrejo untuk streaming tiga desa sekaligus yakni Junrejo, Torongrejo, dan Desa Beji.

“Tentu ini menjadi hal yang sangat kreatif. Selain digelar secara terbuka, streaming tersebut bisa dijadikan sebagai sumber pantauan bagi masyarakat luas. Informasinya, ide ini di inisiasi oleh karang taruna desa,” ungkap Dewanti kepada wartawan dalam kunjungannya ke TPS bersama Forkopimda.

Mendatang, Walikota Batu ini berharap kepada seluruh desa di Kota Batu, pada pilkades selanjutnya bisa mengikuti langkah dari kecamatan Junrejo. Selain efektif untuk mendinginkan suasana dengan proses transparan, terlebih mampu memanfaatkan teknologi dari revolusi industri 4.0

Terpisah, Arief Rachman Ardyasana membeberkan maksud pihak kecamatan memberikan fasilitas live streaming tersebut di peruntukkan bagi masyarakat Junrejo yang tidak bisa mengikuti proses pilkades karena bekerja di tempat yang jauh. Oleh sebab itu pihaknya berinisiatif untuk memberikan live streaming tersebut.

“Saya apresiasi kawan-kawan Karang Taruna, mereka menyajikan ini bukan semata Walikota Batu melakukan kunjungan. Kami lebih memiliki misi, siaran live streaming ini bisa berguna bagi pihak yang berwenang untuk memantau jalannya kegiatan tanpa turun ke lokasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Arief juga memaparkan proses streaming ini akan terus berlangsung hingga proses pilkades selesai. Dengan relawan dari Karang Taruna, dirinya melihat kinerja panitia pelaksana Pilkades serentak 2019, khususnya di Kecamatan Junrejo diringankan. Pasalnya, tidak hanya berkaitan dengan streaming saja, dekorasi kreatif tempat pemungutan suara (TPS) dipercantik dengan tujuan kenyamanan bagi pemilik hak suara. (*)

Pewarta : Doi Nuri
Editor : Noordin Djihad