Dewanti Imbau Instansi Swasta Keluarkan Dispensasi Menggunakan Hak Suara Pilkades

Dewanti Imbau Instansi Swasta Keluarkan Dispensasi Menggunakan Hak Suara Pilkades

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu, Harviadhi Agung Prathama mengkampanyekan Pilkades damai. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyurati intansi swasta agar memberikan dispensasi kepada karyawan melaksanakan hak pilih saat Pilkades, Rabu (2/10/2019). Pilkades ini berlangsung serentak di 11 desa. “Untuk memaksimalkan kehadiran para pemilik hak suara,” katanya beralasan.

Ditambahkan Dewanti, berkaca pada Pilpres dan Pileg beberapa waktu laku, partisipasi warga tinggi. “Saya yakin partisipasi di Pilkades ini juga tinggi sehingga saya menyurati kantor-kantor khususnya yang swasta supaya mengizinkan karyawannya,” tegas Dewanti.

Diketahui, dari 11 desa tersebut yakni di Kecamatan Junrejo ada Desa Junrejo, Desa Beji, dan Torongrejo. Kemudian di Kecamatan Batu ada Desa Oro-Oro Ombo, Desa Sidomulyo, dan Desa Sumberejo. Terakhir, di Kecamatan Bumiaji ada Desa Giripurno, Desa Punten, Desa Gunungsari, Desa Tulungrejo, dan Desa Bumiaji.

“Yang kami mintakan dispensasi bukan hanya di area Kota Batu. Instansi swasta dan Pemkot/Pemkab di area Malang Raya juga kami mintakan surat dispensasi sebab ini adalah hak demokrasi masyarakat “imbuh politisi PDI-P itu.

Sebagai informasi, sebanyak 65.525 daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Batu siap meramaikan pilkades Kota Batu. Rinciannya adalah Kecamatan Bumiaji diikuti lima desa dengan jumlah 29.288 pemilih, Kecamatan Batu, ada tiga desa dengan jumlah 18.392 DPT, terakhir adalah Kecamatan Junrejo, dengan sembilan calon kades dari tiga desa, ada 17.845 DPT. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad