Demi Sukses Computer Basic Test, Siswa SDN Rampal Celaket 1 Pakai Laptop Pinjaman

Demi Sukses Computer Basic Test, Siswa SDN Rampal Celaket 1 Pakai Laptop Pinjaman

Siswa kelas VI SDN Celaket 1 sedang berlatih menggunakan komputer untuk persiapan ujian berbasis komputer. (foto; Haris Sugiharto-aremamedia.com)

MALANG – Sejumlah 53 siswa di kelas itu menghadapi komputer jinjing. Dipandu guru yang mengampu, anak-anak tersebut menekan tuts-tuts sesuai yang diperintahkan, Kegiatan ini merupakan bagian dari menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) yang bakal melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional jenjang SD berbasis komputer.

Kepala SDN Rampal Celaket 1, Farida Ariani, mengatakan, anak-anak didiknya tersebut sedang melakukan pelatihan. “Selain pelatihan sekaligus pengenalan dan pembelajaran cara mengoperasikan komputer dan memberikan jawaban atas soal yang disajikan,,” katanya.

Tentu saja, lanjutnya, untuk melakukan pelatihan ini banyak kendala yang dihadapi mulai dari ruang hingga peralatan pendukung seperti komputer atau laptop. “Karena itu sebelum pelatihan kita sosialisasikan pada masing-masing orang tua untuk meminjamkan laptop atau komputer jinjingnya. Bahkan laptop milik komite sekolah dan guru kita pinjam karena keinginan kami mendapat respon orang tua wali murid,” jelasnya seraya menambahkan, pelatihan dan uji coba CBT ini dibagi tiga sesi dengan alokasi waktu 120 menit setiap sesi. (*)

Pewarta : Haris Sugiharto
Editor : Noordin Djihad