Demi Citra Kota Wisata Halal, Panti Pijat Plus di Kota Batu Beralih Fungsi

Demi Citra Kota Wisata Halal, Panti Pijat Plus di Kota Batu Beralih Fungsi

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Imam Suryono saat memberikan keterangan kepada awak media di ruang kerjanya. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

BATU – Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Imam Suryono mengimbau kepada wisatawan maupun pebisnis di Kota Batu untuk menjaga kehalalan wisatanya. Pasalnya, Kota Batu mendapatkan penghargaan wisata halal dari Kementerian Pariwisata berdasarkan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 pada bulan April lalu, dan bertekad untuk melanjutkan prestasi tersebut.

Kendati demikian, penghargaan yang telah diterima Kota Wisata Batu ini sedikit tercoreng dengan mindset masyarakat terhadap beberapa lokasi yang ditengarai akan merusak citra wisata halal tersebut. Sebut saja kawasan vila dan panti pijat yang seringkali dihubungkan dengan prostitusi atau seks bebas.

“Kota Batu sudah mendapat perhargaan kota wisata halal. Artinya jangan ada pengusaha atau siapapun yang mencederai pencapaian ini,” tegas Imam Suryono.

Sementara itu, demi menanamkan mindset terhadap masyarakat luas, mendatang tempat pijat di kawasan Kota Batu akan diarahkan oleh Disparta untuk menjadi tempat oleh-oleh. Demikian pula dengan lokasi usaha negatif lainnya, akan mendapatkan tindakan tegas.

“Kami sudah mulai mengawasi tempat pijat dan refleksi di Kota Batu karena dikhawatirkan fungsinya disalahgunakan oleh masyarakat. Jika terbukti ada hal yang bersinggungan dengan wisata halal maka itu murni dari personal karena Kota Batu tidak pernah menyediakan tempat wisata negatif,” imbuhnya.

Kendati demikian, Disparta tetap akan melibatkan Dinas Perizinan, Dinas Penanaman Modal, dan Satpol PP untuk dijadikan sebuah tim dalam hajat mempertahankan citra wisata halal bagi Kita Batu. Jika memang beberapa panti pijat dimaksud bisa bekerja sama dengan aturan yang berlaku, maka kemungkinan lainnya bisa terjadi.

“Jelas kami tidak berjalan dan ambil keputusan sendiri. Banyak pihak di tubuh Pemkot Batu yang pasti akan bersinergi dengan kami,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad