Dapat Pelatihan Menulis dan Publik Speaking, GenBi: Seru Banget!

Dapat Pelatihan Menulis dan Publik Speaking, GenBi: Seru Banget!

GenBi Korkom Malang dengan seirus mengikuti pelatihan menulis dan public speaking sebagai bekal dari Bank Indonesia Malang saat terjun ke dunia kerja. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Ratusan anak muda Selasa (30/4/2019) siang itu di sebuah hotel berbintang terlihat menghadap komputer jinjing. Ada yang jari-jarinya sibuk di atas tuts huruf-huruf, namun tak sedikit yang terlihat termenung sambil membayangkan sesuatu untuk mendapat inspirasi.

Mereka adalah mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) Malang yang sedang mengikuti capacity building GenBI Korkom Malang Writing Skill & Public Speaking. Workshop tersebut bertema Stay Classy and Get the Spotlight. Sekitar 150 mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi) Korkom Malang serta perwakilan GenBI Jatim ikut dalam kegiatan ini.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Malang Azka Subkhan Aminurridho, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas sekaligus kemampuan mahasiswa di bidang kreatif. “Sebagai garda terdepan, GenBI dapat menjadi agen komunikasi terhadap berbagai kebijakan dan program BI kepada masyarakat luas,” harapnya.

Untuk menjadi agen komunikasi andal, lanjut Azka, caranya melalui berbagai media seperti penulisan artikel opini di media massa, media sosial, maupun melalui kegiatan sharing langsung di berbagai forum. “Kemampuan menulis dan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan. Terlebih ketika mereka nantinya terjun ke dunia kerja,” tuturnya.

Ditambahkan Azka, pihaknya tidak ingin sekadar memberikan beasiswa. “Kami juga berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas GenBI selaku mahasiswa penerima beasiswa BI melalui berbagai kegiatan peningkatan soft skill,” imbuhnya.

Anggota GenBi Korkom Malang, Alfajar Assidiq, yang juga mahasiswa UIN Maliki Malang. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

Salah satu anggota GenBi Korkom Malang, Alfajar Assidiq, mengatakan, banyak pengalaman baru yang didapat, karena writing skill dan public speaking sangat dibutuhkan dalam sehari hari. “Kemampuan menulis bukanlah bakat. Jika kita terus menerus latihan pasti bisa menulis dengan bagus. Begitu pun dengan public speaking,” kata mahasiswa Fakultas Ekonomi semester VIII UIN Maliki Malang yang akrab dipanggil Al Afaj ini berpendapat.

Alfaj juga menganggap kemampuan menulis dan public speaking di era digital seperti sekarang ini sangat bermanfaat. “Jika kita pandai menulis, publikasinya juga semakain mudah, dan orang juga akan semakin mudah membacanya. Begitupun public speaking juga berguna untuk daya jual diri kita. Kita lihat saja sekarang youtuber terkenal pasti mempunyai public speaking yang bagus agar penontonnya juga nyaman melihatnya,” urai mahasiswa asli Jember ini.

Mahasiswi Semester VI Fakultas Syariah IAIN Jember, Putri Maydi (kiri) bersama peserta dari GenBi Korkom Jember , . (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

Ditambahkan anggota GenBi dari Jember, Putri Maydi, kegiatan yang dia ikuti sangat membantu untuk melakukan beberapa kegiatan. “Seru banget! Apalagi pemateri yang super top di bidangnya masing-masing, semakin memberi motivasi khususnya kepada saya sebagai peserta untuk bersemangat mengikuti acara sampai selesai,” kata mahasiswa IAIN Jember ini.

Saat ditanya pentingnya pelatihan ini, Putri bahkan menyebut generasi milenial saat ini justru dituntut mampu menguasai kedua aspek tersebut. “Setidaknya supaya mampu memengaruhi masyarakat dalam hal positif demi tercapainya fungsi pemuda sebagai agen perubahan,” tutup mahasiswa semester VI Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah ini.(*)

Pewarta : Noordin Djihad

Editor : SM Nunggal