Cetak Lulusan Siap Kerja, SMK Ma’arif Batu Juara LKS Provinsi Jatim

Cetak Lulusan Siap Kerja, SMK Ma’arif Batu Juara LKS Provinsi Jatim

Kegiatan praktik siswa SMK Ma'arif Batu di sekolah. (Foto: Iwan Setiawan-aremamedia.com)

BATU – Mencetak siswa siap kerja dan menjadi wirausahawan. Itulah yang melekat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Batu. Sejak berdiri pada 2000 lalu, banyak lulusan sekolah ini yang direkrut dealer maupun bengkel. “Tapi ada juga yang memilih buka bengkel sendiri,” kata Kepala SMK Ma’arif Batu, Edy Mintarjo ST.

Saat ini SMK Maarif Batu memiliki 449 anak didik. “Ada lima jurusan di sini antara lain otomotif Teknik Sepeda Motor (TSM), otomotif kendaraan ringan, rekayasa perangkar lunak, Asisten Keperawatan (AK), dan Teknik Audio Vidio (TAV). Yang paling banyak diminati jurusan TSM,” terangnya.

Meski swasta, pengelola SMK Maarif Batu tetap bekerja keras menjaga mutu pendidikan, Terbukti pada 2017 lalu mereka menjuarai Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jatim.

Edy sendiri mengaku jumlah motor untuk praktik masih belum memadai. Karena itu para siswa diharapkan memanfaatkan Praktik Kerja Industri (Prakerin) secara maksimal. Saat Prakerin itulah siswa langsung berhadapan dengan konsumen. “Penglaman tersebut menjadi bekal utama ketika mereka lulus,” tambahnya lagi.

Dengan Prakerin selama enam bulan, lanjut Edy lagi, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang selama ini diajarkan di sekolah. “Setidaknya mereka harus terampil dan memiliki jiwa tanggung jawab serta disiplin,” tukasnya.

Dengan memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi masih kata Edy, para siswa akan bekerja sepenuh hati dimana pun mereka berada. “Diharapkan nantinya mereka bisa menjadi sosok yang profesional di bidangnya,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad