Camaba IBU Cukup Daftar dari Rumah

Camaba IBU Cukup Daftar dari Rumah

Nurcholis Sunuyeko

MALANG – Program daring (online, Red) yang dilakukan IKIP Budi Utomo (IBU) tidak hanya saat proses mengajar belajar (PMB). Untuk penerimaan mahasiswa baru pun melalui daring.

Rektor IBU, Dr. H. Nurcholis Sunuyeko M.Si mengatakan calon mahasiswa baru (Camaba) tidak perlu mendatangi kampus di Jalan Simpang Arjuno 14A. “Cukup dari rumah, sekarang juga bisa mendaftar menjadi mahasiswa IBU,” ujarnya.

Agar pendaftaran melalui daring berjalan lancar, sebaiknya dipersiapkan dulu scan ijazah atau SKL untuk SMA sederajat dan kartu keluarga. “Setelah siap, buka portal maba.budiutomomalang.ac.id,” ujarnya.

Setelah membuka portal tersebut, camaba akan dihubungi panitia. “Kelengkapan berkas itulah yang nanti ditanyakan,” sambungnya.

Selain tentang berkas, katanya, Camaba juga ditanya kesanggupan kesediaan uang pembangunan.

Selanjutnya, Camaba diminta untuk daftar ulang atau herregistrasi. “Mau langsung ke kampus boleh, mau transfer juga boleh ke BRI. Nomor rekeningnya 0051.01.000968.30.0,” jelasnya.

Tahap berikutnya, kata Nurcholis, Camaba diminta menyiapkan berkas-berkas. Ada lima berkas, antara lain bukti pendaftaran, fotokopi ijazah, fotokopi kartu keluarga, kwitansi asli pembayaran di bank, dan lembar kesediaan sumbangan pembangunan.

“Berkas-berkas tersebut discan dan kirim ke [email protected] dengan format, subjek: (nama lengkap), (program studi). Misal (Anton Hadi), (Pendidikan Biologi),” jelasnya.

Jika tahapan-tahapan itu selesai, maka status Camaba berubah menjadi Maba. “Simple kan? Ya seperti itu untuk menjadi mahasiswa IKIP Budi Utomo,” pungkasnya.(*)