BST Diperpanjang Hingga Desember 2020 Meski Mengalami Penurunan Jumlah

BST Diperpanjang Hingga Desember 2020 Meski Mengalami Penurunan Jumlah

Penyaluran BST di Desa Tlekung berjalan tertib, lancar dan disiplin menggunakan protokol kesehatan. (Foto: aremamedia – Doi Nuri)

BATU – Dalam kunjungan ke Kantor Pos di Kota Malang pada hari Rabu 3 Juni 2020 lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P, menyebut bahwa BST dari Kemensos RI diperpanjang hingga Desember 2020. Tentunya kabar ini cukup mengembirakan bagi masyarakat penerima BST. Bagaimana tidak bantuan BST sebesar Rp 600 ribu perbulan harusnya berakhir Juni 2020, namun kini diperpanjang hingga Desember 2020.

Kendati demikian, kabar tersebut belum sampai kepada sebagian besar masyarakat, tanpa terkecuali Camat dan Kepala Desa di Kota Batu. Muhadjir mengatakan BST yang semula sebesar Rp 600 ribu dalam masa perpanjang akan berkurang menjadi Rp 300 ribu. Pengurangan ini seiring geliat ekonomi setelah pemberlakuan new normal life.


Kepala Desa Beji Deni Cahyono beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengawasi proses penyaluran BST di Desa Beji. (Foto: aremamedia – Doi Nuri)

Sementara itu, pembagian BST di Batu hingga saat ini telah memasuki tahap kedua. Kepala Desa Tlekung Mardi mengungkapkan rasa terimakasih kepada pemerintah pusat dengan kebijakan bantuan yang dirasa sangat membantu kesulitan masyarakat ditengah pandemi covid-19 ini. “Pasti, kesulitan ekonomi dari masyarakat, tentunya terbantu dengan kepedulian pemerintah pusat dalam wujud bantuan ini. Jika memang ada perpanjangan, kami sangat berterimakasih,” ungkap dia.

Senada dengan Mardi, Kepala Desa Beji Deni Cahyono, meski dirinya mengaku belum menerima kabar resmi dari pemerintah Kota Batu terkait perpanjangan bantuan dari Kementerian Sosial, namun pria yang baru kali pertama menjabat sebagai kepala desa itu optimis, pemerintah kota maupun pusat akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kami bersyukur atas apa yang sudah diperbantukan kepada warga kami. Saya belum menerima kabar tersebut (perpanjangan bantuan -red) secara langsung dari Camat maupun Pemkot, tapi jika itu benar terjadi tentu akan lebih menolong masyarakat,” tandas dia. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad