BPBD Batu Pastikan Banjir Lumpur Songgoriti Tidak Separah Bondowoso

BPBD Batu Pastikan Banjir Lumpur Songgoriti Tidak Separah Bondowoso

Penanganan pasca bencana oleh beberapa elemen masyarakat Kota Batu, BPBD, TNI dan Polres Batu sehingga menyebabkan kemacetan. (istimewa)

BATU – Intensitas hujan tinggi di beberapa daerah di Jawa Timur, mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Tidak luput Kota Batu, hujan lebat menghancurkan plengsengan saluran irigasi di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Rabu (29/1). Akibatnya, dua rumah warga terdampak melubernya air dan lumpur dan sempat terjadi kemacetan lalulintas terutama untuk kendaraan menuju Kediri.
“Banyak yang mengabarkan di sosial media jika ada banjir lumpur dan tanah longsor di Kota Batu. Memang benar. Hanya saja, banyak yang memposting kejadian di Bondowoso tapi disebut di Batu. Alhamdulillah kejadian sore ini tidak separah itu,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirul Rochim
Melubernya air di saluran irigasi, lanjut Rochim, menjebolkan plengsengan saluran irigasi di Songgoriti. “Aair dan lumpur masuk ke rumah warga, tidak mengakibatkan korban jiwa namun dua rumah warga terdampak melubernya air dan lumpur,” imbuh dia.
Perbaikan plengsengan yang ambrol, masih kata Rochim, dilanjutkan memberikan bantuan untuk warga terdampak. “Dampak dari kejadian pada pukul 12.30 tadi akan segera mendapatkan respon dari kami, pengerjaan fisik ringan langsung dilakukan, hanya saja untuk kekurangan selanjutnya secepatnya kita atasi,” lanjutnya.
“Pembuatan tanggul sementara, pembersihan lumpur di rumah warga dannjalan raya seketika kita lakukan. Pihak pamong desa, TNI, Polres Batu, Tagana, Garda relawan, Damkar, PMI dan agen bencana membantu BPBD Kota Batu dalam hal ini,” tandas dia. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad