BI Malang Bagikan Seperangkat APD dan Bantuan Sosial

BI Malang Bagikan Seperangkat APD dan Bantuan Sosial

Penyerahan simbolis KPw BI Malang, Azka Subhan kepada tenaga medis yang diwakili IDI. (Foto: istimewa)

MALANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang menunjukkan kepedulian sosial terhadap pendemic Covid-19. Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), KPw BI Malang memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis serta bantuan bahan kebutuhan pokok (Paket Sembako) untuk masyarakat terdampak di Kota Malang.

Kepala KPw BI Malang, Azka Subhan Aminurridho. mengatakan, bantuan APD untuk mendukung penanganan kesehatan oleh tenaga medis di Kota Malang.

“Seperangkat bantuan berupa 150 unit Hazmat Suit, 70 unit Face Shield, 70 unit Safety Googles, 3.400 pasang handscoon dan 70 liter hand sanitizer,” ujarnya saat penyerahan simbolis kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya yang diwakili dr. R. Kuntadi Sp.OT, selaku Ketua Satgas COVID19 IDI Malang Raya, Senin (20/4/2020), di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang.

Selain APD kepada tenaga medis, KPw BI Malang juga membagikan 200 Paket sembako kepada Diki Taufik S, Branch Manager Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kab/Kota Malang dan perwakilan Paguyuban Pedagang Kaki Lima Juanda Jodipan.

Seakan tak mau kalah, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Korkom Malang menyampaikan donasi uang tunai kepada ACT Kota/Kab Malang.

GenBI ini merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. “Mereka yang terdiri dari mahasiswa ini juga ingin meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah ini,” ujar Azka.

Disamping itu Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) Malang melalui kegiatan “IPEBI Peduli” mengimplementasikan konsep One Family Helps Another Family.

Kepedulian atas dampak Covid-19 juga menjadi perhatian bagi pegawai Bank Indonesia Malang. “Setiap keluarga pegawai memberikan bantuan untuk satu atau lebih keluarga lain yang membutuhkan,” terangnya.

Selain itu IPEBI Malang membantu pensiunan pegawai Bank Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) Cabang Malang berupa paket pendukung kesehatan. Bantuan itu berupa masker, hand sanitizer, dan suplemen kesehatan.

“Pemberian bantuan ini bagian dari program “Dedikasi Untuk Negeri” Bank Indonesia yang merupakan aksi kepedulian sosial BI kepada masyarakat. Juga sebagai upaya untuk mendukung Pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19,” kata Azka.

Selanjutnya Azka berharap masyarakat turut berperan aktif mengikuti imbauan pemerintah untuk memitigasi penyebaran COVID-19, baik melalui social/physical distancing, bekerja dari rumah (WFH), dan bertransaksi secara nontunai. “Tujuannya menghindari penyebaran virus melalui perpindahan uang,” tukasnya.

Terakhir, lanjutnya, BI Malang akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, OJK dan perbankan untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian daerah di wilayah kerja.

“Termasuk langkah-langkah koordinasi untuk menjaga stabilitas makroekonomi, serta upaya pengendalian inflasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berdaya tahan,” tutupnya.(*)

Pewarta : Noordin Djihad